Mohon tunggu...
Putri Wulandari
Putri Wulandari Mohon Tunggu... Mahasiswa - random

putriwulandari22022000@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Empat Etika Dasar dalam Pertemanan yang Wajib Kamu Tau

29 November 2022   18:00 Diperbarui: 29 November 2022   18:02 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi pertemanan (sumber: Lifestyle Kompas)

Siapa yang setuju kalau pertemanan itu ada batasnya?

Ok wait, mari kita bahas. 

Pertemanan atau friendship adalah suatu bentuk hubungan kerjasama dan dukungan antar entitas sosial yang diawali dari berbagai hal. Yang dimaksud entitas sosial disini tidak hanya manusia saja, tetapi juga hewan. Seringkali hewan peliharaan menjadi teman terbaik juga, kan? 

Pertemanan ini diawali dari berbagai hal. Misalnya, teman semasa sekolah. Teman semasa SD, SMP, SMA, dan kuliah. Ada juga teman sejak kecil karena rumah yang berdekatan. Ada pula teman dalam satu komunitas hobi. Intinya, kita bisa berteman dengan berbagai jenis orang dari mana saja.

Nah, walaupun suatu pertemanan sudah masuk ke dalam level yang sangat erat, beberapa hal yang tidak boleh dilanggar dan di usik sekalipun itu pertemanan yang sudah bertahan bertahun-tahun lamanya. 

  • Jangan memberikan kontak tanpa izin

Yang pertama adalah jangan memberikan kontak apapun milik teman kepada orang lain tanpa izin. Ini adalah salah satu hal penting yang terlihat sepele. Memberikan kontak apapun mulai dari akun sosial media, email, hingga nomor telepon adalah hak si pemilik. Saat ada orang lain yang meminta kontak tersebut, jangan langsung memberikannya. Tanya si pemilik kontak terlebih dahulu, apakah ia mau kontaknya diberikan. 

Kita tidak tahu maksud terselubung saat orang lain meminta kontak teman kita. Kalau berhubungan dengan pekerjaan atau hal baik lain sih oke saja, tapi kalau berniat buruk bagaimana?

Pernah nggak sih kalian diberikan kesempatan untuk memegang handphone milik teman kalian saat ditunjukkan sebuah informasi? Pasti pernah, dong.

Saat berada di situasi yang sama, usahakan untuk melihat informasi itu saja. Jangan membuka aplikasi lain tanpa se-izin si pemilik handphone. Walaupun sudah berteman dalam waktu yang lama, kita harus tetap menghargai privasi teman. Kalaupun dia mempunyai rahasia atau hal lain yang belum bisa ditunjukkan kepada kita, itu tidak apa-apa. Setiap orang memiliki hak untuk mempunyai rahasia dan privasi, dan itu harus kita hargai.

  • Hargai waktu dengan datang on-time

Menghargai waktu adalah hal yang wajib dimanapun dan kapanpun. Begitu pula dalam hal pertemanan. Usahakan datang tepat waktu saat ada janji bertemu. Rasanya menyebalkan sekali harus menunggu tanpa kepastian datang padahal sudah membuat janji sebelumnya. Ingat, jaga kesopanan dengan datang waktu walaupun sekedar pertemuan dengan teman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun