Mohon tunggu...
Putri Wulandari
Putri Wulandari Mohon Tunggu... Mahasiswa - random

putriwulandari22022000@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Artikel Utama

Problematika Car Free Day di Ponorogo: Sampah di Sudut Mana Pun

4 Desember 2022   18:00 Diperbarui: 5 Desember 2022   15:45 700
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tumpukan sampah di pinggir jalan area CFD di Ponorogo (Dokumen pribadi)

Hari Minggu adalah hari libur terakhir yang didapatkan pekerja dalam satu minggu. Sebelum menghadapi hectic-nya hari Senin, banyak orang yang menghabiskan waktu dengan berbagai hal. 

Mulai dari bermalas-malasan di rumah, jalan-jalan, hingga berolahraga di luar. Intinya, mencari hiburan entah di dalam atau pun diluar rumah.

Nah, salah satu acara hiburan yang bisa dijangkau oleh semua kalangan masyarakat adalah Car Free Day

Car Free Day adalah salah satu gerakan untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor. Gerakan ini dimulai dari kesadaran penduduk dunia mengenai bahaya pemanasan global dan pentingnya pengurangan emisi bahan bakar. 

Car Free Day, biasa disingkat CFD, biasanya dilaksanakan tiap hari Minggu di beberapa ruas jalan tertentu. Dalam beberapa jam, kendaraan bermotor tidak akan bisa melintasi beberapa ruas jalan tersebut. Oleh karena itu, masyarakat biasa memanfaatkan kosongnya ruas jalan dengan berbagai kegiatan.

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Car Free Day. Pertama, berolahraga ringan. Masyarakat biasanya berolahraga ringan seperti jalan santai, jogging, dan senam. 

Kedua, ajang promosi. Bagi UMKM, CFD adalah salah satu sarana promosi karena banyaknya orang yang datang meningkatkan brand awareness mereka. 

Ketiga, edukasi dan sosialisasi. Biasanya banyak komunitas yang memanfaatkan CFD sebagai ajang edukasi dan sosialisasi, misalnya komunitas reptil. Dan masih banyak kegiatan lain seperti penggalangan dana, berbagai perayaan hari penting, dan lain-lain.

suasana Car Free Day di jalan Suromenggolo, Ponorogo (sumber: Blog'e Didin)
suasana Car Free Day di jalan Suromenggolo, Ponorogo (sumber: Blog'e Didin)

Acara Car Free Day ini juga dilaksanakan setiap hari Minggu di beberapa ruas jalan Kabupaten Ponorogo. Tepatnya di jalan Suromenggolo dan jalan Hos Cokroaminoto. Kedua jalan ini akan ditutup sejak Minggu pagi buta hingga kisaran jam 9 untuk kendaraan bermotor. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun