Mohon tunggu...
Putri Wulandari
Putri Wulandari Mohon Tunggu... Mahasiswa - random

putriwulandari22022000@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Empat Alasan Terjadinya Tragedi Itaewon?

3 November 2022   18:00 Diperbarui: 3 November 2022   18:05 250
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
keluarga korban tragedi Itaewon yang sangat terpukul (Allkpop)

Bulan Oktober memanglah identik dengan adanya perayaan Halloween. Perayaan yang awalnya diadakan di Eropa dan Amerika ini kemudian juga dirayakan oleh berbagai negara lain di dunia. Termasuk juga di antaranya Korea Selatan. Setiap tahunnya, Halloween diadakan dengan berbagai pesta kostum dan bersenang-senang di berbagai daerah, salah satunya adalah Itaewon.

Itaewon adalah nama salah satu distrik di kota Seoul, Korea Selatan. Distrik ini dikenal dengan daerah multi-kultural yang menjadi tempat bertemu berbagai budaya dari seluruh dunia. 

Awalnya, distrik ini dekat dengan pangkalan laut Amerika Serikat yang membuat daerah ini dihuni banyak warga Amerika. Daerah ini kemudian berkembang menjadi daerah internasional yang bebas. 

Banyak restoran dari berbagai negara, banyak toko baju dengan beragam ukuran, banyak club dan bar, serta tingginya toleransi menjadikan daerah Itaewon makin menarik untuk dikunjungi. Di daerah ini juga, pesta Halloween terbesar berubah menjadi petaka.

Pada tanggal 29 Oktober, lebih dari 100.000 orang berkumpul untuk merayakan Halloween di Itaewon. Orang-orang berpesta dengan bebas dalam berbagai kostum. 

Sekitar pukul 10 malam, ada laporan lebih dari 20 orang pingsan di area tersebut. Angka tersebut kemudian terus bertambah dan berkembang. Dugaan sementara dari polisi, keadaan ini diakibatkan karena padatnya masa yang menyebabkan kondisi kian berdesakan. 

polisi, pemadam kebakaran, dan tim penyelamat sedang melakukan penyelamatan atas tragedi Itaewon (NPR)
polisi, pemadam kebakaran, dan tim penyelamat sedang melakukan penyelamatan atas tragedi Itaewon (NPR)

lokasi terjadinya insiden dipenuhi polisi dan petugas penyelamat (The Goa Spotlight)
lokasi terjadinya insiden dipenuhi polisi dan petugas penyelamat (The Goa Spotlight)

Per tanggal 1 November, ada 156 korban tewas, ratusan orang terluka, dan puluhan masih dirawat di rumah sakit. Tentunya masih ada ribuan aduan orang hilang yang masuk. 

Pemerintah Korea Selatan juga mengumumkan masa berkabung nasional hingga tanggal 5 November 2022. Hingga saat ini, banyak acara dan juga konser yang ditunda pelaksanaannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun