Mohon tunggu...
Putri Wulandari
Putri Wulandari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Follow your heart, but take your brain with you

putriwulandari22022000@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Mengenal Gangguan Kepribadian Ganda Melalui Drama Korea "Bad and Crazy"

6 Januari 2022   19:00 Diperbarui: 6 Januari 2022   19:09 1050 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Poster Bad and Crazy (sumber: tvN)

Akhir-akhir ini, kesehatan mental menjadi salah satu hal yang diperbincangkan lewat berbagai media. Salah satunya adalah melalui drama korea. Serial film yang saat ini sangat diminati karena mengandung unsur gangguan mental adalah serial Bad and Crazy. 

Gangguan mental yang diderita oleh pemeran utamanya adalah gangguan kepribadian ganda atau juga disebut gangguan identitas disosiatif atau dissociative identity disorder (DID).

Apa Itu Gangguan Kepribadian Ganda?

Gangguan kepribadian ganda atau juga disebut gangguan identitas disosiatif atau dissociative identity disorder (DID) adalah kondisi dimana seseorang memiliki dua atau lebih kepribadian yang berbeda. Penyebab gangguan mental ini belum diketahui secara pasti, tetapi umumnya disebabkan oleh pengalaman traumatis. Gangguan ini juga dapat dialami oleh siapapun karena pengalaman traumatis dapat terjadi kepada siapapun.

Gangguan kepribadian ganda memiliki satu atau lebih kepribadian lain dalam dirinya. Kepribadian lain ini disebut alter ego. Alter ego ini bisa mengambil alih diri penderita kapan dan dimana saja apabila dipicu situasi tertentu seperti stress, marah dan ketakutan. Saat diambil alih, penderita dapat berlaku seperti pribadi lain dengan nama, usia, jenis kelamin dan sifat yang berbeda.

Peru diketahui bahwa segala jenis gangguan mental hanya dapat didiagnosis oleh dokter saja. Begitu juga dengan gangguan kepribadian ganda. Pasien harus melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan kejiwaan secara legal ke dokter. Diagnosis kepribadian ganda akan ditentukan berdasarkan kriteria DSM-5 (The Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, 5th Edition).

Sinopsis Bad and Crazy

Bad and Crazy bercerita tentang seorang bernama Ryu Soo Yeol yang diperankan oleh Lee Dong Wook adalah seorang detektif yang kompeten dalam pekerjaannya, namun etikanya juga dipertanyakan. Dia akan melakukan apa saja untuk mencapai kesuksesan. Karena kepribadiannya yang ambisius, ia menerima promosi dalam waktu singkat.

Kehidupannya yang mulus berubah secara tiba-tiba karena kemunculan K yang diperankan oleh Wi Ha Joon. K adalah kepribadian lain dalam dirinya dalam wujud penjahat yang lurus dan gila secara bersamaan. Setiap kali menghadapi ketidakadilan, K menghadapinya dengan baku hantam. 

K adalah tokoh yang digambarkan sebagai seorang yang memakai helm sepeda motor yang percaya dia diciptakan untuk membawa keadilan bagi dunia. Karena itu, Ryu Soo Yeol yang terkenal sebagai detektif materialistis berubah menjadi pejuang keadilan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan