Mohon tunggu...
Putu Nanda
Putu Nanda Mohon Tunggu... Menulis

Hallo..

Selanjutnya

Tutup

Media

Antara, Kantor Berita Internasional Anti Hoax

27 September 2020   20:42 Diperbarui: 27 September 2020   20:49 5 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Antara, Kantor Berita Internasional Anti Hoax
Gambar 1. Segmen Anti Hoax Antara | Antaranews.com

Antara adalah kantor berita nasional yang dimiliki oleh pemerintah indonesia, yang bertugas untuk melakukan peliputan dan menyebarkan informasi secara akurat, cepat, dan penting baik nasional maupun internasional. 

Antara merupakan layanan pemberitaan berbasis online yang dapat diakses 24 jam dan akurat, cepat, dan bermanfaat. Antara juga banyak bekerjasama dengan kantor berita lainnya. Karena merupakan kantor berita internasional antara menyediakan dua bahasa dalam beritanya yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. 

Berita menarik dan berperan penting dari kencenderungan kontennya adalah segmen Anti Hoax, dimana antara memberitakan atau mengklarifikasi sebuah berita yang beredar di media sosial  dengan melakukan riset dan mewawancarai pihak yang terkait. 

Contohnya berita yang berjudul "Tim medis Indonesia mengubur jenazah COVID-19 layaknya binatang? Ini faktanya" dalam berita tersebut dikatakan bahwa, beredar di media sosial vidio yang melihatkan proses pemakaman yang tidak sewajarnya namun vidio tersebut telah diedit, antara mencari vidio versi alsi lalu memberi penjelasan dan menyatakan benar atau salahnya. 

Gambar 2. Judul Berita | Antaranews.com
Gambar 2. Judul Berita | Antaranews.com

Ini menarik karena kebanyakan masyarakat indonesia sering menelan mentah-mentah suatu berita yang beredar dan mempercayai berita tersebut tanpa mencari kebenaran dari berita tersebut. Dengan adanya segmen ini diharapkan masyarakat mau mencari kebenaran suatu berita terlebih dahulu agar tidak termakan hoaks.

#Komblob05

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x