Mohon tunggu...
Putuk Intan Mutiara
Putuk Intan Mutiara Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

,,..

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pngertian Monopolistik dan Oligopoli

17 Desember 2022   05:55 Diperbarui: 17 Desember 2022   05:57 173
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Putuk intan mutiara//Akuntansi//Ekonomi dan Bisnis//Universitas Palangka Raya

A.PENGERTIAN PASAR MONOPOLISTIK
Pasar Monopolistik adalah sebuah bentuk pasar dimana ada banyak produsen yang saling berkompetisi dengan produk yang hampir serupa namun memiliki beberapa perbedaan. monopolistik (kadang disebut juga pasar persaingan monopolistik atau pasar monopolistis) adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.pasar monopolistk adalah ini adalah pasar dengan banyaknya para konsumen yang mengahsilkan suatu komoditas yang berbeda beda dan bisa disebut juga sebagai pasar yang adanya banyak penjual yang menawarkan satu jenis barang denganbanyak produk yang berbeda beda dalam kualitas, bentuk, dan juga ukuran produk tersebut.

CIRI PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK
 1) Terdapat banyak produsen/penjual Pasar ini memang memiliki banyak produsen, tapi pasar ini tidak memiliki produsen sebanyak pasar persaingan sempurna dan tidak ada satu pun produsen yang memiliki skala produksi yang lebih besar dari pada produsen lainnya.
2) Adanya diferensiasi produk Pasar ini menjual produk yang cenderung sama, tapi memiliki banyak perbedaan khususnya dengan produk lain, seperti misalnya dari cara pengemasan, bentuk dan sebagainya.
3) Produsen dapat mempengaruhi harga Di pasar ini dimana harga terbentuk berdasarkan dari mekanismepasar, oleh sebab itu pasar monopolistik dapat mempengaruhi harga meskipun tidak sebesar pasar oligopoli maupun pasar monopoli.
4) Produsen dapat keluar masuk pasar Dalam hal ini dipengaruhi oleh laba ekonomis, ketika produsen hanya sedikit di pasar maka laba ekonomisnya akan tinggi. Saat produsen semakin banyak, otomatis laba ekonomis akan semakin kecil, maka pasar semakin menjadi tidak menarik dan produsen dapat meninggalkan pasar.

KEUNTUNGAN MAKSIMUM DI PASAR MONOPOLISTIK
1. Memaksimalkan pendapatan jangka pendek Tuntutan untuk dihadapi melalui korporasi dalam oposisi monopolistik adalah bagian dari keseluruhan tuntutan pasar. Penghasilan maksimum dapat dilakukan jika majikan tetap memasok sampai tingkat keberhasilan MC = MR. Majikan akan mendapatkan penghasilan di atas setiap hari dalam jangka waktu singkat.
2. Maksimalisasi pendapatan jangka panjang Keuntungan yang melebihi alasan sehari-hari terjadi ledakan dalam jangkauan perusahaan di pasar. Jadi setiap perusahaan di dalam pasar akan menghadapi permintaan yang semakin berkurang di berbagai tingkat harga. Sehingga pendapatan akan turun ke tingkat sehari-hari. Bahkan, akan rugi jika penjualan marjinal jauh lebih kecil dari biaya marjinal.

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN PASAR MONOPOLISTIK
KELEBIHAN:
Banyak produsen di pasar menawarkan keuntungan bagi pembeli atau pelanggan untuk memilih produk terbaik bagi mereka. Kebebasan akses dan keluar bagi produsen mendorong produsen untuk selalu melakukan perbaikan baru dalam menghasilkan barang dagangan mereka. Diferensiasi produk mendorong pelanggan untuk selektif dalam memilih produk. mencari tahu produk yang akan mereka beli, dan mungkin membuat pelanggan dapat diandalkan untuk produk yang mereka pilih. Pasar ini umumnya bersih untuk ditemukan pelanggan, karena fakta maksimum keinginan mereka sehari-hari tersedia di pasar ini.
Kekurangan :
Pasar yang monopolistik memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi, baik dari segi harga, bagus maupun dari segi pelayanan
* dibutuhkan modal yang sangat besar untuk masuk ke pasar monopolistik, karena pelaku pasar di dalamnya memiliki modal yang cukup tinggi skala ekonomi
* pasar monopolistik mendorong produsen untuk selalu berinovasi pada barang dagangannya, untuk meningkatkan biaya manufaktur yang pada gilirannya akan berdampak pada biaya produk yang seharusnya dibayar melalui pembeli atau pelanggan.

FAKTOR FAKTOR PASAR MONOPOLISTIK
1.Memiliki Sumber Daya
Sumber perusahaan bisa memonopoli pasar karena kepemilikan sumber daya yang unik dan juga istimewa tidak dimiliki oleh perusahaan lainnya.
2.Skala Ekonomis
Perusahaan akan memperoleh keuntungan dalam tingkat maksimum apabila tingkat produksi yang ada di dalam perusahaan tersebut cukup besar.

Contoh Pasar monopolistik
Pasar monopolistik banyak kita temui pada kehidupan sehari-hari, seperti sampo, sabun, TV, sepatu, air mineral, dan lain-lain. Pada pasar air mineral, ada banyak produsen yang memproduksi air mineral seperti Aqua, VIT, Le Minerale, Prima, atau Nestle.

B.PENGERTIAN PASAR OLOGOPOLI
Pasar oligopoli adalah pasar persaingan tidak sempurna. Jumlah pasar yang menguasai pasar lebih dari dua tetapi tidak banyak sehinga tindakan dari pengusaha yang satu akan mempengaruhi kebijakandari perusahan lainnya.pasar oligopoli disebut juga dengan pasar tidak sempurna karena didalam pasar tersebut jumlah produsen dan pedagang itu sebanding dengan jumlah pembeli dan juga konsumen.

CIRI PASAR OLIGOPOLI
1.Dijalankan dua produsen atau lebih.  
2.Produk yang dijual homogen dan saling menggantikan.
3.Kebijakan produsen utama sebagai acuan produsen lainya.
4.Harga barang di pasar relatif sama.
5.Produsen baru kosultan masuk pasar
6.Membutuhkan strategi pemasaran yang matang.

 JENIS PASAR OLIGOPOLI
-Pasar oligopoli murni
Jenis yang adalah jenis pasar oligopoli murni atau homogen,maksudnya adalah poligon yang dipasar adalah yang satu macam tetapi pariasinya banyak dan beragam.jenis ini memiliki perbedaan harga yang tidak terlalu sipnipikan.oligopoli murni juga ada kecendrungan berpatokan pada produsen jika produsen ini menaikan harga maka produsen lainnya juga ikut melaksanakan.
-PASAR OLIGOPOLI TERDIFERENSIASI
Pasar oligopoli terdiferensiasi adalah pasar yang hanya menjual satu jenis saja. Namun, harga pada satu jenis barang itu tidak sama dengan harga produsen atau perusahaan lainnya. Sederhanya harga dari satu produsen dengan produsen lainnya akan mengalami diferensiasi.

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN PASAR OLIGOPOLI
KELEBIHAN
*Karena perusahaan-perusahaan oligopoli mencoba menghindari ipersaingan harga,maka mereka lebih memusatkan diri pada persaingan bukan harga.
KELEMAHAN
*Dalam pasar oligopoli,harga barang cenderung lebih tinggi dari pada persaingan sempurna.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun