Mohon tunggu...
Putri Wahyu Febrianti
Putri Wahyu Febrianti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

KIMIA'18 UNIVERSITAS JEMBER

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN BTV III UNEJ KLP-10: Menjadi UMKM Mahir Berjualan Online untuk Meningkatkan Penjualan

18 September 2021   21:37 Diperbarui: 18 September 2021   21:40 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dilakukan melalui kuliah kerja nyata (KKN) yang dilaksanakan selama 30 hari di Desa Danda Jaya, yakni pada tanggal 11 Agustus - 9 September 2021. 

Kegiatan awal yang dilakukan yaitu pengenalan dengan sasaran dan melakukan diskusi untuk identifikasi permasalahan serta solusi yang ditawarkan kepada sasaran yang dilakukan pada minggu pertama. Program kerja yang telah ditentukan kemudian didiskusikan dengan sasaran terlebih dahulu.


Kegiatan selanjutnya pada minggu kedua mulai merealisasikan program kerja yang telah dirancang. Kegiatan yang dilakukan yaitu melakukan berbagai latihan sebagai pengenalan awal tentang digital marketing. Pelatihan yang dilakukan berupa pengenalan sosial media yang dilakukan pada 19 – 20 Agustus 2021. 

Pelatihan ini dilaksanakan dengan penyampaian materi terkait sosial media seperti Instagram dan facebook. Selain pelatihan dilakukan juga pendampingan pembuatan akun sosial media terkait. Pelatihan selanjutnya adalah pengenalan e-commerce untuk pemasaran produk secara online yang dilaksanakan pada 21 Agustus 2021. 

Pelatihan ini dilaksanakan sama seperti pelatihan pengenalan sosial media yaitu disertai dengan pendampingan pembuatan akun platform e-commerce shopee. Kegiatan pelatihan lainnya yaitu pelatihan pengenalan digital marketing secara umum pada 22 Agustus 2021, hari berikutnya dilakukan eksplorasi lebih dalam mengenai pemahaman tentang digital marketing. 

Pelatihan yang dilakukan di akhir minggu kedua adalah pengenalan sistem pengiriman dan pengantaran barang melalui ekspedisi pada 25 Agustus 2021 karena ekspedisi berperan penting diantara hubungan pelaku usaha dengan konsumen. 

Hasil yang diperoleh pada minggu kedua ini adalah sasaran memahami digital marketing secara umum, mengetahui cara memanfaatkan sosial media dengan benar untuk berbisnis dan mengetahui sistem penjualan melalui e-commerce. Hasil lainnya yaitu usaha milik sasaran telah memiliki akun sosial media serta platform e-commerce untuk mengembangkan bisnisnya dengan menjual produk secara online dan melakukan promosi dengan mudah. Akun sosial media dan e-commerce yang telah dibuat adalah sebagai berikut :

Gambar 2. Akun sosmed dan shopee
Gambar 2. Akun sosmed dan shopee


Kegiatan pada minggu berikutnya yaitu penyampaian materi tentang pentingnya branding pada 27 Agustus 2021 yang dilakukan dengan penyampaian materi melalui PPT. Kegiatan selanjutnya pelatihan desain dan editing melalui aplikasi canva, kemudian dilakukan pendampingan pembuatan desain logo produk yang dilakukan untuk meningkatkan nilai produk. Hasil yang diperoleh yaitu sasaran menjadi mahir dalam mendesain konten promosi dan kemasan produk bakpia menjadi lebih menarik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun