Mohon tunggu...
lilpjourney
lilpjourney Mohon Tunggu... Freelancer - Putri Santoso

lilpjourney.com | @putriii_santoso - Seorang blogger yang jatuh cinta dengan Toraja. Sangat suka kopi dan sering hilang dari rotasi bumi.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Memanfaatkan Teknologi Digital untuk Meningkatkan Produktivitas

15 Juli 2022   20:47 Diperbarui: 15 Juli 2022   20:54 84 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Manfaat Teknologi Digital | Ilustrasi Canva

Di era teknologi yang semakin maju, dimana kita bisa mendapatkan informasi hanya dalam satu klik, tentu membawa perubahan gaya hidup. Jika dulu kerja diartikan "ke kantor", sekarang bahkan ada istilah work from anywhere dan work from home. Artinya saat ini kita kerja dari mana pun selain di kantor. 

Oh iya berbicara tentang pekerjaan, sadar nggak sih kalau sekarang ada banyak pekerjaan baru yang bermunculan. Sebut saja content creator, digital marketing, hingga influencer. Padahal jika kita tengok tahun 1990an hingga awal 2000, pekerjaan itu belum ada atau mungkin belum familiar.

Dulu content creator hanya sebatas membuat konten YouTube. Tapi saat ini content creator juga identik dengan orang-orang yang membuat konten kreatif di media sosial.

Besar sekali bukan dampak dari perkembangan teknologi? Tidak hanya device saja, tapi juga berdampak pada aspek kehidupan. Namun, adakalanya perkembangan teknologi digital ini membuat kita nggak produktif. 

Lantas bagaimana cara memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan produktifitas?

Dua Sisi Manfaat Internet dalam Aktivitas Tanpa Batas

Penggunaan internet saat ini sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Bagi aku internet sudah menjadi bagian dari kebutuhan primer. Di mana aku menggunakannya hampir disetiap kegiatan, seperti untuk belanja, bepergian, bekerja, dan bertukar kabar.

Kadang dalam penggunaan internet sendiri, membuat aku lupa diri. Yang seharusnya bangun tidur langsung melakukan aktivitas rumah, ini malah scroll media sosial. Pada saat tanggal cantik, yang biasanya baru gaian, seringnya beli barang yang sebenarnya "tidak perlu-perlu banget".

Untuk itu, kita perlu menilik lebih lanjut manfaat internet itu sendiri. Membatasi diri dalam penggunaan internet khususnya saat menggunakan media sosial. Sekarang, aku mengatur waktu penggunaan media sosial yang bisa di setting dari media sosial. Misalnya untuk penggunaan Instagram dalam satu hari maksimal 2 jam.

Tapi selain dampak kurang baik di atas, aku juga merasakan manfaat internet dalam hal finansial. Dimana aku bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari internet. Yaitu dengan menjadi penulis blog. 

Walaupun pada awal pindah rumah aku kesulit untuk update blog karena koneksi internet yang kurang stabil, untungnya masalah itu dapat teratasi saat aku menggunakan layanan IndiHome, fixed broadband milik Telkom Indonesia. Layanan IndiHome yang luas, bahkan hingga ke pelosok Indonesia (rumahku dipinggiran Kota Banjarmasin yang kalau hujan signal provider hilang hahaha), membantu aku dalam mendapatkan layanan internet cepat dan berkualitas. Tidak heran jika IndiHome menjadi internetnya Indonesia.

Penutup

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan