Mohon tunggu...
Putri Rofaida
Putri Rofaida Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

pejuang skripsi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Jaga Daya Tahan Tubuh di Tengah Pandemi Covid-19, Mahasiswa UNDIP Adakan Penyuluhan Budidaya TOGA

30 Juli 2021   20:15 Diperbarui: 30 Juli 2021   21:25 27 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jaga Daya Tahan Tubuh di Tengah Pandemi Covid-19, Mahasiswa UNDIP Adakan Penyuluhan Budidaya TOGA
Dokpri 

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro dilaksanakan sejak 30 Juni lalu hingga 12 Agustus 2021. Kegiatan KKN ini berlokasi di Desa Bumirejo, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

Berbagai tindakan pencegahan, seperti mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker telah dilakukan untuk menurunkan risiko terpapar Covid-19. Namun, sistem imunitas tubuh menjadi fokus utama dalam proses mencegah penularan Covid-19. Terdapat berbagai cara untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, salah satunya dengan memenuhi asupan nutrisi dari mengonsumsi tanaman herbal/obat.

Tanaman obat keluarga (TOGA) menjadi salah satu pilihan untuk ditanam di lahan pekarangan, dengan pertimbangan karena dapat dimanfaatkan untuk kesehatan terutama meningkatkan imunitas tubuh. Selain untuk tujuan kesehatan juga berfungsi sebagai tanaman pangan, tanaman hias, dan bumbu masak.

Oleh karena itu, Putri Rofaida selaku mahasiswa KKN Tim II UNDIP melaksanakan program penyuluhan mengenai pentingnya budidaya tanaman TOGA. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam pemanfaatan tanaman obat keluarga sebagai upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh ditengah pandemi Covid-19.

Program ini dilaksanakan pada 16-17 Juni 2021 dan melibatkan masyarakat RT 01 Dusun Kertodadi, Desa Bumirejo. Metode pelaksanaan program ini dilakukan secara door to door dengan target 5 rumah warga. Langkah tersebut dipilih dikarenakan kondisi PPKM, sehingga ruang gerak mahasiswa terbatas.

Saat program berlangsung, kegiatan pertama yang dilakukan yaitu pembagian booklet dan menjelaskan kepada masyarakat mengenai fungsi, manfaat, dan tips menanam tanaman TOGA di lahan sempit. Kegiatan kedua dilakukan dengan membagikan bibit tanaman TOGA berupa tanaman jahe merah disetiap rumah yang menjadi target program KKN ini.

Program ini berjalan lancar dan diharapkan dapat menambah pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya meningkatkan imunitas tubuh pada masa pandemi covid 19 ini dengan pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan