Mohon tunggu...
Putri Nahdliyah Ayu Khumaidah
Putri Nahdliyah Ayu Khumaidah Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Menulis, Public Speaking, menggambar, dll

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Manfaat Limbah Rumah Tangga, Mahasiswa KKN UM Mengadakan Pelatihan Pembuatan Sabun dari Minyak Jelantah

26 Juli 2022   14:11 Diperbarui: 26 Juli 2022   22:16 91 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Mahasiswa KKN reguler Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan pelatihan pembuatan sabun cuci dari minyak jelantah di Dusun Sumbergelang, Desa Sumberdem, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. Kegiatan ini dihadiri oleh para ibu rumah tangga yang bertempat di Dusun Sumbergelang pada Sabtu, 19 Juni 2022. 

Acara pelatihan meliputi sosialisasi bahaya minyak jelantah bagi kesehatan serta dampaknya terhadap lingkungan dan dilanjutkan dengan praktik bersama pembuatan sabun dari minyak jelantah.

Program ini didasarkan pada keresahan akan limbah rumah tangga berupa minyak goreng bekas atau minyak jelantah. Minyak goreng yang dikonsumsi berulang kali akan menyebabkan bahaya bagi kesehatan, diantaranya memicu kanker, meningkatkan resiko penyakit jantung, dan menyebabkan obesitas. 

Selain itu, minyak jelantah yang dibuang sembarangan dapat menyumbat saluran drainase, menurunkan kesuburan tanah, dan mengganggu ekosistem air. Karena dampak negatifnya terhadap lingkungan, minyak jelantah yang sudah tidak layak konsumsi sebaiknya tidak dibuang begitu saja. Minyak jelantah dapat diolah menjadi suatu barang yang berdaya guna, salah satunya berupa sabun cuci.

Pelatihan pembuatan sabun dari minyak jelantah di Dusun Sumbergelang dipandu langsung oleh tim KKN reguler UM periode 13 Juni -- 27 Juli 2022 yang dibimbing Bapak Andika Bagus Nur Rahma Putra, S.Pd, M.Pd. 

Sementara itu, sebagai pemateri yaitu Muthiah Nailin Najah, mahasiswa kimia UM. Acara dimoderatori oleh Putri Nahdliyah Ayu Khumaidah dan dibantu oleh Nabila Az Azahra Arli, Lala Mawarni Sutrisna, serta anggota tim KKN UM lainnya. 

Acara pelatihan pembuatan sabun dari minyak jelantah ini berjalan dengan kondusif. Proses pembuatannya yang sederhana menjadikan pembuatan sabun mudah untuk dipraktikkan. Bahan-bahannya pun mudah ditemukan di sekitar, seperti minyak jelantah, soda api, arang, pewangi, dan cetakan. 

Adapun proses pembuatan sabun cuci dari minyak jelantah ini adalah sebagai berikut:

  1. Rendam 500 gram minyak dengan 100 gram arang yang sudah dibakar selama 24 jam. 

  2. Larutkan 70 gram soda api ( 5 sdm) ke dalam 200 gram air (1/3 volume minyak).

  3. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
    Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

    Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan