Mohon tunggu...
Putrii Feb
Putrii Feb Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

https://it.telkomuniversity.ac.id/

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Ini yang Perlu Kamu Persiapkan Sebelum Mendaftar ke Universitas Impianmu

3 Agustus 2022   10:00 Diperbarui: 3 Agustus 2022   10:02 66 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tahun ajaran baru sudah dekat nih, adik - adik yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi impian perlu banget memperhatikan beberapa hal ini loh. Kenapa? Biar kedepannya kamu tidak ada penyesalan sudah memilih universitas itu. Di sini aku mau bagikan beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan persiapkan berdasarkan pengalaman aku.

1. Cari Tahu Tentang Universitas Impianmu

Hal pertama yang perlu kamu cari tahu pertama kali yaitu tentang kampus yang akan kamu masuki karena itu akan menjadi tempat yang akan kamu kunjungi dan menghabiskan waktumu di sana hampir setiap hari selama kurang lebih 4 tahun. Cari tahu bagaimana lingkungannya, apakah menghabiskan waktu hampir tiap hari di sana akan nyaman untukmu. Jangan di sepelekan lingkungan kampus yang nyaman itu sangat penting banget bagi kesehatan jasmani dan rohani kita loh. Jadi harus diperhatikan ya.

 2. Beasiswa

Buat adik - adik yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi pasti banyak mengincar beasiswa di Universitas impian, kan? Beasiswa ini sangat menguntungkan loh. Dengan adanya beasiswa ini kamu dapat melanjutkan Pendidikan tanpa di bebani biaya kuliah yang tinggi. besaran beasiswa yang diberikan ke penerima juga berbeda-beda, dapat berupa beasiswa penuh (full scholarship), beasiswa sebagian (partial scholarship) atau bantuan fasilitas tertentu saja yang menunjang pembelajaran. Kamu bisa dapatkan informasi beasiswa di Website kampus impianmu, contoh website kampus yang menyediakan beasiswa dapat kamu lihat di sini ya.

3. Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan juga tidak kalah pentingnya dengan dua poin di atas. Apalagi bagi kamu yang hanya mendapat sebagian beasiswa maupun yang tidak dapat beasiswa sama sekali, penting banget mempersiapkan ini jauh - jauh hari karena jumlahnya pasti tidak bersahabat. Biasanya biaya pendidikan ini berbeda - beda tiap kampus dan berpengaruh juga di jurusan yang akan kamu masuki. Umumnya Biaya pendidikan itu terdiri dari Uang pangkal (Uang pembangunan) yang hanya di keluarkan di awal, Uang Semester (BPP) yang dibayar per-6 bulan atau sesuai jumlah SKS, dan Uang kebutuhan lain selama kamu berkuliah. Berikut aku kasih contoh Biaya Pendidikan di Kampus Telkom.

4. Minat

Poin satu ini sering banget disepelekan dan tidak ditanggapi dengan serius, sehingga banyak mahasiswa yang sudah menjalani perkuliahan merasa salah jurusan, padahal memang sedari awal dia tidak menyadari apa minatnya dan hanya asal memilih jurusan atau ikut ikutan dengan teman saja. Poin Minat yang aku maksud di sini yaitu ketertarikan kamu di bidang tertentu untuk lebih ditekuni. Kalau tidak ingin menyesal dikemudian hari, jangan coba - coba memilih jurusan yang sama sekali kamu tidak bisa kuasai. Pilih jurusan sesuai minat kamu sendiri, bukan minat orang lain. Minat ini sangat penting buat kamu cari tahu, karena ini akan berpengaruh buat kesehatan mental dan juga masa depan kamu kedepannya.

 5. Motivasi

Poin akhir yang ingin aku sampaikan yaitu motivasi.Mulai motivasi diri kamu sendiri, jangan mengharapkan motivasi orang lain. Yang bisa membangkitkan semangat belajar kamu, ya hanya kamu. Hanya kamu yang bisa mengerti apa yang baik untuk kamu. Semangati dirimu dan kuatkan tekadmu, yakinkan dirimu bahwa kamu bisa bertahan jika masuk ke universitas dan jurusan pilihanmu sendiri, yakinkan dirimu bahwa kamu pasti bisa lulus dengan nilai memuaskan dan bangga atas pencapaianmu.

Jadi segitu dulu beberapa saran dari aku tentang seputar perkuliahan. semoga adik - adik MABA bisa terbantu dengan artikel ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan