Mohon tunggu...
Putri Hendriyani
Putri Hendriyani Mohon Tunggu... Mahasiswa STAI RIYADHUL JANNAH SUBANG

Selalu bersyukur, tetap semangat !!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembelajaran Berbasis Teknologi di Perguruan Tinggi Mengoptimalkan Potensi di Masa Disrupsi

17 Januari 2024   16:48 Diperbarui: 17 Januari 2024   16:50 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam era disrupsi teknologi yang terus berkembang, perguruan tinggi menjadi panggung vital di mana masa depan pendidikan dan perkembangan potensi mahasiswa digulirkan. Penerapan teknologi dalam pembelajaran menjadi jembatan penting antara tradisi dan transformasi, membuka peluang tak terbatas untuk mengoptimalkan potensi mahasiswa. Artikel ini mengajak kita untuk menjelajahi perubahan lanskap pendidikan tinggi, menggali bagaimana pembelajaran berbasis teknologi muncul sebagai katalisator inovasi, dan mengupas strategi-strategi yang dapat membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis dan adaptif. Mari kita menjelajahi perjalanan penuh tantangan dan potensi ini, menggenggam kunci untuk membuka pintu ke arah baru pembelajaran di masa disrupsi.

Mengoptimalkan potensi di masa disrupsi memerlukan penerapan pembelajaran berbasis teknologi, fokus pada keterampilan masa depan, kolaborasi, pengembangan keterampilan lunak, pelatihan staf, pendekatan inovatif dalam evaluasi, fleksibilitas, peningkatan literasi digital, investasi dalam infrastruktur teknologi, dan pendekatan berbasis kebutuhan. Dengan strategi ini, lembaga pendidikan dan individu dapat lebih efektif mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang di lingkungan yang terus berubah.

Perguruan tinggi menghadapi tuntutan untuk terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Artikel ini menjelajahi pentingnya pembelajaran berbasis teknologi dalam mengoptimalkan potensi mahasiswa di era disrupsi.

1. Transformasi Model Pembelajaran

Mengadopsi model pembelajaran berbasis teknologi memungkinkan perguruan tinggi untuk melibatkan mahasiswa secara aktif. Pembelajaran online, blended learning, dan simulasi digital dapat meningkatkan interaktifitas, meningkatkan keterlibatan, dan mengoptimalkan pemahaman materi.

2. Personalisasi Pembelajaran

Teknologi memungkinkan personalisasi pembelajaran, di mana setiap mahasiswa dapat mengakses materi sesuai dengan kecepatan dan gaya belajarnya. Sistem adaptif menggunakan kecerdasan buatan dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individual.

3. Kolaborasi Global Melalui Online Learning

Pemanfaatan pembelajaran online membuka peluang kolaborasi global. Mahasiswa dapat terlibat dalam proyek bersama, seminar virtual, dan pertukaran pengetahuan dengan lembaga lain di seluruh dunia, meningkatkan perspektif internasional mereka.

4. Pengembangan Keterampilan Teknologi

Perguruan tinggi memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan keterampilan teknologi mahasiswa. Melibatkan mereka dalam proyek-proyek praktis dan aplikasi teknologi terkini dapat mempersiapkan mereka untuk sukses dalam dunia kerja yang terus berubah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun