Mohon tunggu...
Putri HarleyarNandar
Putri HarleyarNandar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya

Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya 2020 dengan jurusan Public Relations. Dalam dunia perkuliahan ilmu komunikasi, saya membuat campaign untuk Fresh Market Bintaro, Ramajee Lashes dan PT Indofood. Saya sangat tertarik untuk lebih banyak belajar lagi dalam bidang PR ini khususnya dalam bentuk kerjasama dengan brand, menjembatani komunikasi dengan brand, dan memiliki public speaking yang baik.

Selanjutnya

Tutup

Love Pilihan

Sering Menyenangkan Orang Lain? Kenali Apa Itu Good Girl Syndrome dan Ciri-cirinya!

20 Februari 2024   12:40 Diperbarui: 21 Februari 2024   10:47 508
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar: Freepik.com

Banyak orang merasa senang saat dapat membuat orang lain bahagia atau puas dengan apa yang mereka lakukan. Namun, terkadang perilaku menyenangkan ini dapat menjadi lebih dari sekadar sifat baik. Good Girl Syndrome, atau sindrom gadis baik, mengacu pada kecenderungan seseorang untuk selalu berusaha menyenangkan orang lain, bahkan jika itu berarti mengorbankan kebutuhan atau keinginan pribadi mereka.

Dalam pembahasan ini, kita akan menggali lebih dalam untuk mengenali apa itu Good Girl Syndrome dan melihat ciri-ciri yang mungkin dimilikinya.

Yuk, simak bersama untuk memahami lebih lanjut mengenai fenomena ini!

Definisi Good Girl Syndrome

Good Girl Syndrome mengacu pada kecenderungan seseorang untuk selalu berusaha menyenangkan orang lain dengan cara menempatkan kebutuhan dan keinginan pribadi mereka di belakang keinginan orang lain.

Orang yang mengalami sindrom ini sering kali merasa perlu untuk selalu tunduk pada harapan orang lain, takut untuk mengecewakan, dan mencari validasi dari luar sebagai sumber kebahagiaan mereka.

Contohnya, seseorang dengan Good Girl Syndrome mungkin selalu menyetujui permintaan orang lain, bahkan jika itu membuat mereka merasa tidak nyaman atau tidak bahagia.

Mereka mungkin mengorbankan waktu, energi, atau keinginan pribadi demi menjaga hubungan atau mendapatkan persetujuan. Hal ini bisa terjadi dalam berbagai konteks, seperti di tempat kerja, dalam hubungan interpersonal, atau di lingkungan sosial.

Ciri-Ciri Good Girl Syndrome

1.Selalu berusaha tersenyum meskipun sedang tidak nyaman

Ciri-ciri Good Girl Syndrome yang pertama adalah selalu berusaha tersenyum walaupun sedang tidak nyaman. Orang yang mengalami sindrom ini cenderung mengekspresikan kebahagiaan atau kepuasan secara berlebihan bahkan ketika mereka sebenarnya sedang mengalami kesulitan atau ketidaknyamanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun