Mohon tunggu...
putri nurulaisah
putri nurulaisah Mohon Tunggu... Wanita Karir dan Bisnis

Hidup ini mudah jika dijalani tetapi sulit jika di fikirkan, maka jalanilah hidup senormal normalnya dan apa adanya. inilah aku, aku ini diriku sendiri bukan seperti dia, mereka atau sekelompok orang. Terimakasih :)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Analisis Sosial pada Teater Operasi Karya Putu Wijaya oleh Teater Roh 15

15 Januari 2020   22:53 Diperbarui: 15 Januari 2020   22:51 4 0 0 Mohon Tunggu...

Keadaan sosial para tokoh yang datang ke klinik untuk mengoperasi wajahnya yang jelek menjadi cantik atau tampan dengan bantuan dokter kecantikan yang ahli dan juga terkenal di bidangnya.

Ada nenek tua yang ingin terlihat muda lagi seperti remaja, ada pasangan kekasih yang mempunyai tompel besar dibagian wajah sehingga membuat jelek wajah mereka, seorang anak dengan wajah yang dipenuhi bulu. 

Namun ada satu pasien yang datang kepada dokter kecantikan tersebut dengan permintaan yang aneh dari pasien biasa. Biasanya pasien yang datang ke klinik tersebut meminta dokter untuk membuat wajah mereka cantik dan tampan, tetapi wanita ini ingin wajahnya di ubah menjadi wajah yang jelek agar ia bisa menjadi artis, karna obsesinya menjadi artis terkenal dengan wajah jelek dan rusak. Namun dokter tidak mewujudkan keinginan wanita tersebut.

Operasi untuk mengubah bentuk wajah yang jelek menjadi sempurna sudah banyak dilakukan oleh orang Indonesia, ia terobsesi dengan orang orang yang sebagiab besar berhasil melakukan operasi tersebut dan memiliki wajah yang sangat cantik/tampan.

Mereka tidak tanggung-tanggung mengeluarkan uang senilai puluhan juta demi memperbaiki wajahnya yang sebenarnya tidak perlu diperbaiki karna letaknya sudah normal tetapi mereka ingin memiliki wajah yang cantik/tampan.

"Kalo punya wajah cantik enak, pasti dihargai orang, di sanjung, dan sering di utamakan oleh pria dalam segala hal". Ujar Anggi seorang mahasiswi Universitas Pamulang yang sedang duduk dibangku kelasnya.

"Kalau wanita cantik ngelakuin kesalahan pasti ga akan disalahin, kan cantik". Ujar Tsuny dengan wajah kesal.

Begitulah pendapat para wanita, dan memang terlihat jelas di kehidupan nyata bahwa yang cantik yang lebih diutamakan oleh kaum pria, begitupun sebaliknya pria tampan akan diutamakan oleh kaum wanita.

Tapi apapun perlakuan orang lain terhadap kita itu adalah cerminan perilaku kita terhadap mereka, berbuat baik pada semua orang dan menjalani hidup apa adanya tanpa mengubah suatu takdir qodo dan qodar. Daripada insecure lebih baik bersyukur.

Demikian tulisan ini dibuat dan terima kasih sudah membaca artikel ini.

Putri Nurul Aisah
Tangerang, 3 Januari 2020
Mahasiswi Universitas Pamulang - Tangerang Selatan
Hobi : membaca, kuliner, dandanin orang, jailin orang, nyanyi dikamar mandi.

VIDEO PILIHAN