Politik

Konsep dan Sistem Politik Indonesia

14 September 2017   17:55 Diperbarui: 14 September 2017   18:48 1204 1 0

Pada dasarnya politik mempunyai ruang lingkup negara atau yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan, bisa jadi politik merupakan jalan mengambil kesempatan orang lain untuk sejahtera atau berkuasa.

Indonesia dalam dalam ranah perpolitikannya  menggunakan konsep dan sistem pastinya. Nah., disini ada 5 konsep pokok dalam ilmu politik yaitu:

kekuasaan (power)

menurut aristoteles manusia adalah zoon politicon, politik tidak lepas dari kekuasaan. Kekuasaan merupakan sebuah keinginan yang dimiliki seseorang atau  kelompok untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang atau kelompok agar sesuai dengan keingingan sang pelaku. Karena pada dasarnya sifat manusia mempunyai rasa ingin berkuasa.

  • negara (state)

 wadah bagi aktualisasi kegiatan politik, menurut Mariam Budiarjo negara adalah suatu organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan yang ditaati oleh rakyatnya

  • pengambilan keputusan (legal policy)

politik menjadi alat yang mengakomodir semua kebijakan pengabilan keputusan dan setiap kepentingan-kepentigan dikomunikasikan antara rakyat dan penguasa untuk mencapai suatu tujuan. Karena keputusan diambil secara kolektif dan mengikat seluruh masyarakat.

  • kebijakan publik (publik policy)

kebijakan yang dikeluarkan pemerintah untuk kepentingan masyarakat/publik demi kemaslahatan bersama. Menurut Meriam Budiarjo kebijakan adalah suatu kumpulan keputsan yang diambil oleh seorang atau oleh kelompok politik dalam usaha memilih tujuan-tujuan dan cara-cara untuk mencapai tujuan-tujuan itu. Pada prinsipnya pihak yang membuat kebijakan itu mempunyai kekuasaan untuk melaksanakannya.

  • pembagian kekuasaan (distribution of power)

pada dasarnya politik itu di bagi-bagi, karena didalam perpolitikan kursi (kekuasan) tidak hanya satu sehingga banyak sehingga tidak bisa duduki hanya satu orang. Pasti kursi yang di bagi-bagi itu didominasi dari kelompoknya sendiri karena merupakan pendukungya yang kemungkinan kecil untuk menjatuhkannya. Sehingga jarang atau bisa dikatakan tidak ada seorang yang memberikan kursi itu kepada kelompok yang tidak mendukungnya, karena itu ibarat membunuh diri sendiri.

Diatas sudah disinggung mengenai konsep politik, kali ini saya akan memaparkan sistem politik. Apasih sistem politik itu ?

Jadi, sistem itu adalah kesatuan yang utuh dari suatu rangkaian, yang kait mengkait satu sama lain, bagian atau anak cabang dari suatu sistem, menjadi induk dari rangkaian selanjutnya. Begitulah seterusnya sampai pada bagian yang terkecil, rusaknya salah satu bagian akan mengganggu kestabilan sistem itu sendiri secara keseluruhan. Pemerintah Indonesia adalah suatu contoh sistem, dan anak cabangnya adalah sistem pemerintahan daerah, kemudian seterusnya sistem pemerintahan desa dan kelurahan.[1]

 Politik adalah suatu disiplin ilmu penegetahuan yang berdiiri sendiri tetapi juga seni, dikatakan sebagai seni karena berapa banyak kita melihat politikus yang tanpa pendidikan ilmu politik, tetapi mampu berkiat memiliki bakat yang dibawa sejak lahir dari naluri sanubarinya, sehingga akan kharismatik menjalakna roda politik praktis. dapat dikatakan sebagai ilmu karena memiliki objek, subjek, terminologi, ciri, teori, filosofis dan metodologis yang khas dan spesifik serta diterima secara universal, disamping dapat diajarkan dan dipelajari oleh banyak orang.[2]

Sistem politik indonesia dalam rangka mewujudkan cita-cita bangsa dan mencapai tujuan nasional, maka sesuai dengan pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Sistem politik Republik Indonesia oleh pakar-pakar diharapkan penjabaran nilai-nilai luhur pancasila, dalam keseluruhan penyelenggaraan tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan makmur[3]

[1] Inu Kencana Syafiie, Sistem Politik Indonesia,(Bandung:Revika ADITAMA, 2012), hlm.4.

[2] Inu Kencana Syafiie, Sistem Politik Indonesia,(Bandung:Revika ADITAMA, 2012), hlm.7.

[3] Inu Kencana Syafiie, Sistem Politik Indonesia,(Bandung:Revika ADITAMA, 2012), hlm.5.