Mohon tunggu...
Putri Aditya
Putri Aditya Mohon Tunggu... Bersyukur, berbagi dan berbahagia

Mahasiswa Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan https://myblognew2233.blogspot.com/?m=1 Bismillah Pendidikan, sosial, Anak-anak.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Refleksi Hari Pendidikan Nasional: Permasalahan dan Solusi Pendidikan Saat Ini

3 Mei 2021   22:48 Diperbarui: 3 Mei 2021   23:07 141 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Refleksi Hari Pendidikan Nasional: Permasalahan dan Solusi Pendidikan Saat Ini
Sumber: minanews.net

Sebagai insan pembelajar Hari Pendidikan Nasional merupakan hari penting, bukan sekedar untuk dirayakan dengan upacara bendera atau ucapan menarik tentang quote pendidikan yang tersebar di pamfle baik online maupun offline, namun benar-benar harus menjadi refleksi sejauh mana pendidikan berjalan sesuai fungsinya di negeri ini.


Hari Pendidikan ke 62 tentulah bukan waktu singkat dalam proses perbaikan sistem pendidikan. Berbagai upaya dari pemerintah juga telah dikerahkan untuk selalu memperbaiki hal penting untuk kemajuan bangsa ini. Bagaimana tidak kualitas suatu bangsa ditentuka ndari kualitas Sumber daya manusianya, dan hal itu terpenuhi jika sumber daya manusia tersebut mengenyam pendidikan yang baik.


Perubahan kurikulum, berbagai pelatihan untuk para guru  dan banyak program lainnya merupakan usaha tiada henti untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita. Namun nyatanya hal tersebut masih belum cukup. Bisa kita saksikan kondisi pendidikan kita masih tertinggal.


Mengutip dari viva.co.id, Survei kemampuan pelajar yang dirilis oleh Programme for International Student Assessment (PISA) pada Selasa (3/12) di Paris, survei ini  merupakan rujukan dalam menilai kualitas pendidikan di dunia yang menilai kemampuan membaca, matematika dan sains Menempatkan Indonesia di peringkat ke-72 dari 77 negara. Data ini menjadikan Indonesia di peringkat enam terbawah, masih jauh di bawah negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam.


Terlebih dimasa pandemi dimana kondisi belajar berubah seratus persen menjadi daring, hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Diamna hp masih menjadi sekadar media yang lebih banyak digunakan untuk game dan sosial media. Adaptasi penggunaannya untuk belajar sampai sekarang masih terus dilakukan.

Beberapa permasalahan yang kita jumpai dalam dunia pendidikan kita hingga saat ini berikut sedikit alternatif penyelesaiannya adalah.


1. Kualitas guru


   Peran guru menjadi poin besar dalam perkembangan pendidikan karna pelaku utama pendidikan adalah guru. Guru tidak hanya bertugas mengajar materi pelajaran sesuai kurikulum kemudian pulang dan menyusun hasil belajar dalam rapot. Peran guru lebih dari itu, peran guru lebih kompleks. Guru adalah pekerjaan termulia, terberat dan tak ternilai jasanya. Bayangkan saja seorang guru mampu mengajar puluhan murid setiap hari, seorang guru mampu menjadikan muridnya seorang yang lebih hebat darinya. 

Tugas guru adalah yang terberat karena mereka tak hanya harus memiliki ilmu yang cukup, namun juga kreativas yang selalu diasah dan inovasi pembelajaran semenarik mungkin untuk siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x