Mohon tunggu...
Putri Hardiyanti Rusmana
Putri Hardiyanti Rusmana Mohon Tunggu... Warga negara Indonesia

Jurnalis

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

10 Tips Siapkan Lahiran Nyaman ala Bidan Yesie Aprilia

3 Desember 2019   17:41 Diperbarui: 3 Desember 2019   18:01 0 0 0 Mohon Tunggu...

Bagi ibu hamil yang tinggal menghitung hari atau minggu menuju hari persalinan pasti akan merasa was-was dan perasaan campur aduk. Apalagi jika, persalinan ini merupakan yang pertama kali. Ketika was-was dan dag-dig-dug begitu, pasti akan menyenangkan kalo kita bisa mendapatkan informasi dari para ahli atau pakar.

Bersyukurnya, dizaman sekarang ini, dengan kemajuan teknologi, kita bisa mendapatkan ilmu dengan mudah dan murah. Sebut saja akun youtube Bidan Kita yang banyak memberikan pengetahuan-pengetahuan baru terkait kehamilan, persalinan dan yang berkaitan dengannya.

Siang ini, aku ingin membagi salah satu materi yang ada di akun youtube milik Bidan Yesie Aprilia ini. Mari kita mulai tulisan ini dengan tagline khas Bidan Yesie "Mari Berdayakan Diri".


-------


Setiap ibu hamil pasti mendambakan persalinan yang nyaman, aman dan minim trauma. Menurut Bidan Yesie, terdapat 10 P yang mempengaruhi lancar tidaknya proses persalinan. 6 P berasal dari dalam diri si Ibu dan bayi. Kemudian, 4 P berasal dari provider, tenaga medis dan yang mendampingi proses persalinan.

Mari kita bahas 6P pertama, yang berasal dari si Ibu dan bayi.

1. Psikologis Ibu dan Bayi

Bidan Yessi mengatakan, "Persalinan berawal dari otak", maksudnya adalah hormon-hormon yang dihasilkan oleh otak akan membantu proses persalinan itu sendiri, bagaimana caranya?

Salah satunya adalah hormon oksitosin yang berfungsi untuk merangsang kontraksi yang kuat pada dinding rahim sehingga mempermudah proses persalinan.

Yang membuat hormon oksitosin ini muncul adalah faktor emosi si ibu atau faktor psikologis Ibu. Jadi, jika si ibu sudah mulai merasa nyaman, aman, private, suasana tempat lahiran sudah familiar untuk si Ibu dan tidak berada di lingkungan yang asing dengan orang asing, tidak terus menerus diobservasi oleh tenkes, atau tidak diintimidasi  oleh waktu, ruangan, cahaya, alat-alat atau apapun itu. Maka, hormon oksitosin itu akan muncul dan tentunya akan mempermudah proses persalinan.

Jika si Ibu sudah rileks, maka dia pun akan lebih tenang menghadapi proses persalinan. Jadi, penting sekali ya mempersiapkan suasana dan orang-orang yang bisa membuat kita nyaman selama menjalani proses persalinan itu.

2. Power
Power yang dimaksud disini bukan hanya kekuatan ibu untuk mengejan. Power disini terdiri dari power tubuh ibu, power niat ibu, power dari bayi. Jika ibu dalam kondisi sehat, otomatis akan mempengaruhi kekuatan fisik termasuk kekuatan dari organ-organ si ibu.

Kemudian, energi yang sudah disiapkan oleh si ibu jauh-jauh hari sebelum persalinan dengan berolahraga dan latihan nafas rutin. Ini akan kan berperan besar dalam menghadapi persiapan persalinan nanti. Melahirkan itu membutuhkan tenaga yang banyak, jika sebelumnya tubuh kita tidak pernah dilatih dengan olah raga, bisa jadi ketika hari H tiba, bukan malah energi optimal yang keluar, tapi tubuh kita kaget dan menyerah ditengah jalan. Sama seperti orang mau mendaki gunung sih menurutku, setinggi atau serendah apapun gunung yang akan didaki, latihan fisik menjadi sesuatu yang wajib. *kok jadi nyambung kesini.

Kemudian, power yang selanjutnya adalah "NIAT". Seberapa besar keinginan si Ibu untuk bisa melewati persalinan yang nyaman, seberapa geregetnya ibu untuk lahiran lancar dan normal. Dengan besarnya niat ini, si Ibu akan kuat melewati kontraksi dan si ibu tidak akan mengalah dan menyerah karenanya.

Informasi penting yang disampaikan oleh Bidan Yesie dalam video tersebut adalah proses melahirkan itu sama dengan Pup. Jika sensasi untuk mengejan tidak ada, jangan dipaksakan untuk mengejan! Jadi untuk yang mendampingi juga jangan mengintervensi untuk memaksa ibu untuk "Terus... terus... Terus", ingat, anda bukan tukang parkir!

3. Passage Way atau Jalan lahir
Jalan lahir terdiri dari panggul dan vagina. Panggul wanita diciptakan lebih lebar dibandingkan dengan laki-laki. Tubuh perempuan, kata bu Bidan diciptakan sempurna untuk mengandung dan melahirkan. Panggul terdiri dari beberapa bagian, yang bisa bergerak dengan bantuan dari ligamen. Semakin elastis ligamen, semakin mudah juga tulang-tulang dipanggul untuk bergerak.

Ketika proses kelahiran dimulai, bayi akan melewati rongga panggul terlebih dahulu sebagai pintu pertama yang harus mereka lewati. Lalu pertanyannya adalah, bagaimana sih cara agar bayi mudah melewati rongga panggul tersebut? Tentu, ligamen ibu harus sehat dan elastis, agar pintunya terbuka dengan mudah pastinya harus senantiasa dilatih ligamennya dengan berolahraga.

Kemudian, selain ligamen, terdapat juga psoas muscel, yang akan mengerut ketika tegang dan akan meregang ketika rileks. Ketika ibu rileks dalam menjalani persalinan, maka psoas muclepun akan meregang dan memberikan jalan yang lebar untuk janin. Maka, siapkan tubuhmu, siapkan mentalmu!

Nah, jalan lahir kedua adalah vagina. Biasanya, untuk perempuan yang melahirkan pertama kali, vaginanya akan tegang ketika proses persalinan. Akibatnya, ketika proses melahirkan sedikit sulit dan bisa jadi mengakibatkan robekan atau harus digunting oleh tankes. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar vagina lebih elastis menuju persalinan adalah dengan melakukan perineum massage. Nah untuk yang ini butuh kerjasama dengan suami yak!

4. Passenger


Passanger yang dimaksud adalah bayi. Namun bisa juga tumor, kista atau hal lain yang berada didalam rahim ibu. Jika penumpangnya bayi maka tidak terlalu bermasalah.

5. Position


Posisi bayi yang baik adalah kepala dibawah dengan ubun-ubun kecil terletak di yang paling bawah, wajahnya menghadap punggung Ibu. Dalam artian, kepala bayi yang anterior. Selalu pastikan posisi ini ke tankes saat kontrol ya bun.

6. Plasenta
Posisi yang baik adalah plasenta diatas atau tidak menutupi jalan lahir.

Kurang lebih, itu 6 P yang berasal dari Ibu dan Bayi yang dapat mempengaruhi lancar tidaknya persalinan nanti. Selanjutnya, Bidan Yessi melanjutkan pada P selanjutnya. Kali ini, P yang berasal dari sisi provider atau support person.

1. Psikologi
Psikologi dari provider dan pendamping sangat mempengaruhi lancar atau tidaknya proses persalinan.
2. Patient
3. Presistensi, dukungan secara terus menerus
4. Praktek atau skill.

Untuk 4P ini Bidan Yesie tidak memberikan penjelasan yang terlalu detail, karena terlendala mati lampu saat pengambilan video. Mungkin, ini tantangan buat kita untuk mencari-cari ilmu di tempat lainnya. Semoga berguna Ibu dan Ayah, selamat mempersiapkan kelahiran si buah hati :).

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x