Mohon tunggu...
PUTRI AYUNI
PUTRI AYUNI Mohon Tunggu... Mahasiswa di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh

Enen Katenen Ika Kasika

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pemanfaatan Pekarangan Sempit untuk Budidaya Tanaman Hias dengan Sistem Vertikultur

14 Januari 2021   11:39 Diperbarui: 14 Januari 2021   12:01 55 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemanfaatan Pekarangan Sempit untuk Budidaya Tanaman Hias dengan Sistem Vertikultur
Gambar. Vertikulur | dokpri

  • Pengertian Pekarangan

Pekarangan merupakan sebidang tanah yang ada disekitar rumah yang dapat diolah dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan  untuk keindahan estetika pada saat ini sedang maraknya memperindah pekarangan dengan membudidayakan  tanaman hias baik menggunakan media berupa pot, polibag  dan langsung  ditanam ketanah ataupun menggunakan sistem vertikultur.

Pemanfaatan lahan pekarangan dengan sistem vertikultur dibuat oleh  BPTP Sumatera Barat dilatar belakangi karena teknologi pertanian dan sebagai tambahan ilmu pengetahuan bagi masyarakat dan petani sekitar. Pemanfaatan lahan sempit juga  berfungsi sebagai desain interior pada taman ataupun pekarangan rumah disekitar BPTP tepatnya Sukarami  banyak ditemukan tanaman hias baik dibudidayakan  maupun tanaman liar dan  tanaman  juga banyak dijadikan sebagai usaha. 

Lahan pekarangan juga dapat dijadikan sebagai aset berharga bagi pengembangan usaha tani skala rumah tangga dalam rangka memberdayakan sumber daya keluarga. Pengembangan pertanian yang sudah terlaksana pada saat ini masih terbatas terhadap penggunaan lahan sedangkan untuk pekarangan belum banyak mendapatkan perhatian. 

Dilihat dari kepadatan penduduk yang ada sukarami  hampir setiap rumah dijumpai pekarangan dapat diketahui bahwa pekarangan merupakan agroekosistem yang sangat baik serta memiliki potensi yang sangat besar terhadap proses budidaya tanaman hias dan sayuran dalam mencukupi kebutuhan masyrakat bahkan kebutuhan pasar.

  • Pengertian Tanaman Hias 

Tanaman hias merupakan salah satu dari  pengelompokan berdasarkan fungsi hortikultura pada bidang pertanian. Karena itu dalam konteks umum, tidak menutup kemungkinan bahwa suatu tanaman sayuran, tanaman obat- obatan menajdi tanaman hias. Tanaman hias mencakup semua tumbuhan, baik yang berbentuk terna, merambat, semak, perdu, ataupun pohon yang sengaja diatanam dipekarangan rumah.

  • Tanaman Hias Berdasarkan Sifat Pertumbuhan

Apabila dilihat dari sifat pertumbuhannya tanaman hias dapat dikelompokkan menjadi tanaman hias rumput- rumputan, Tanaman hias merambat, tanaman hias semak, tanaman his terna, dan tanaman hias pohon-pohonan.

Tanaman hias dari kelompok rumput-rumputan terdiri dari berbagai jenis rumput uang tidak tergolong gulma  dan memerlukan perawatan yang intensif.

Tanaman hias merambat terdiri dari tanaman hias yang tumbuhnya merambat baik diatas tanah, pohon maupuan tembok rumah  meskipun tanaman ini merambat tapi tidak termasuk tanaman benalu cobtoh tanaman yang merambat sirih gading.

Tanaman hias terna merupakan tanaman bias yang berbatang  mengandung banyak air . dan biasanya dibudidayakan ditempat yang lembab namun tidak tergenang air.

Fungsi Tanaman Hias 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN