Mohon tunggu...
Putri MulyaPebriyanti
Putri MulyaPebriyanti Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Negri Semarang

Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial UNNES

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Keuntungan Pembelajaran IPS Berbasis Learning di Musim Penghujan sebagai Mitigasi Bencana Covid-19

29 November 2020   06:20 Diperbarui: 29 November 2020   07:11 31 2 1 Mohon Tunggu...

Saat ini Negara Indonesia sedang berjuang untuk memberantas bencana non-alam yang sedang menyebar di masyarakat yaitu Virus Corona. Virus ini menyerang pada sistem pernapasan manusia dengan gejala awal batuk, flu, demam, dan sesak nafas. Untuk mengatasinya Pemerintah Indonesia berupaya untuk mengatasinya dengan menerapkan Protokol Kesehatan di masyarakat.

Dampak dari Virus Corona salah satunya adalah dilakukannya Pembelajaran Jarak Jauh / disebut Learning dengan memanfaatkan media teknologi yang dimiliki. Pembelajaran IPS merupakan pembelajaran yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial dan lingkungan masyarakat. 

Biasanya pembelajaran ini banyak penugasan yang mengharuskan peserta didik untuk terjun langsung ditengah masyarakat untuk mendalami materi yang sudah disampaikan. Namun kondisi sekarang tidak memungkinkan untuk melakukan hal tersebut. Dimana pembelajaran menggunakan media perantara seperti WhatsApp Group, Zoom Meeting dan lainnya.

Adapun keuntungan yang diambil dari pembelajaran IPS Berbasis Learning adalah di musim penghujan peserta didik tidak khawatir akan kehujanan ketika berangkat sekolah, pulang sekolah, maupun sedang mengerjakan tugas di lapangan dan merekam tetap berada di dalam rumah mereka masing-masing untuk mengikuti pembelajaran. Dan mereka bisa menjaga kondisi tubuh mereka di musim penghujan. Musim penghujan di Indonesia terjadi pada bulan Oktober - April.

Jadi tidak selamanya bencana itu membawa keburukan bagi sekitarnya, namun juga membawa keberkahan yang dirasakan oleh masyarakat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x