Mohon tunggu...
Putri Ekasari
Putri Ekasari Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Inggris

Suka tempat-tempat baru tantangan baru

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Belajar Menulis Deskriptive Teks tentang Animal dengan Problem Based Learning

6 Desember 2022   18:03 Diperbarui: 6 Desember 2022   18:15 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Menulis adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai pada mata pelajaran bahasa Inggris, di samping membaca, mendengarkan dan berbicara. Namun di kelas VII hal ini mendapat banyak tantangan  yang datang dari berbagai pihak, seperti kondisi peserta didik yang baru mengenal bahasa Inggris di SMP, kegiatan pembelajaran yang tidak menarik atau monoton, Guru masih menggunakan metode yang konvensional dan tidak menggunakan peralatan yang terintegrasi dengan TIK, serta fasilitas sarana dan prasarana yang belum mendukung dikarenakan berada di wilayah 3T membuat peserta didik menjadi tidak bersemangat dan kesulitan dalam menyusun teks interpersonal. 

Permasalahan semacam ini pernah dialami oleh peserta didik  kelas VII UPTD SMP Negeri 4 Tobadak semester 1 tahun pelajaran 2022/2023 pada pembelajaran KD menyusun teks deskriptif terkait animal.

Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis menggunakan model pembelajaran  Problem Based Learning di bantu dengan media power point pada materi menulis teks deskripsi  dengan harapan dapat meningkatkan keterampilan menulis peserta didik  dan semangat peserta didik dapat meningkat mengikuti proses pembelajaran.

Problem Based Learning adalah  model pembelajaran abad 21 yang menciptakan suasana belajar peserta didik lebih aktif. Menurut Wena (2013:91) PBL merupakan strategi pembelajaran dengan menghadapkan siswa pada permasalahan praktis sebagai pijakan dalam belajar atau dengan kata lain siswa belajar melalui masalah.  

Dan media Power Point merupakan salah satu software yang dirancang khusus utuk dapat menampilkan program multimedia menarik, mudah dalam pembuatan, mudah dalam penggunaan dan relatif murah, karena tidak membutuhkan bahan baku selain alat untuk penyimpan data (Rusman, dkk 2013: 301) dalam (www.google.com/search?=media+power+point&rlz) diunduh pada 05 November 2022. 

Dalam pembelajaran materi Greeting and parting ini, model pembeajaran Problem Based Learning akan dipasangkan dengan media power point sebagaimana dipaparkan di atas bahwa power point adalah salah satu software yang menarik untuk digunakan dalam pembelajaran dengan beberapa keunggulan seperti lebih murah dan mudah dibuat, sehingga diharapkan dengan menggunakan media ini peserta didik akan leih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran.

Problem Based Learning dengan berbantuan Power Point diawali dengan Guru menampilkan gambar-gambar hewan melalui media Power Point yang dikemas dengan menarik, Guru meminta peserta didik untuk mengamati gambar tersebut, sembari peserta didik mengamati gambar guru mempersiapkan lembar kerja yang telah dipersiapkan sebelumnya berupa gambar hewan disertai beberapa noun dan adjective sebagai petunjuk untuk menyusun teks descriptive berdasarkan gambar. 

Guru membagi kelas menjadi 5 kelompok, setelah itu Guru membagikan materi ajar atau sumber belajara tentang Descriptive text. Bersama dengan kelompoknya peserta didik diminta untuk mengerjakan lembar kerja yang telah dibagikan. Kemudian peserta didik memaparkan teks yang telah disusun. Kemudian, Guru memberi penguatan dengan bantuan power point atas hasil presentasi peserta didik. 

Setelah peserta didik menyusun teks deskripsi tentang hewan dari kelompok diskusi dan penguatan dari Guru, peserta didik kembali mengerjakan lembar kerja dengan instrument menganalisis fungsi social, struktur teks dan cirri kebahasaan seperti contoh yang telah ditampilkan sebelumnya. 

Dengan demikian diharapkan kemapuan atau keterampilan menyusun dialog sederhana peserta didik akan meningkat dan peserta didik lebih bersemangat untuk mengikuti pembelajaran.

Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis dan proses pembelajaran lebih menarik pada peserta didik kelas VII UPTD SMP Negeri 4 Tobadak pada KD menyusun teks deskriptiv. Pada akhirnya, tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Putri Ekasari, S.Pd

Guru Bahasa Inggris

UPTD SMP Negeri 4 Tobadak        

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun