Mohon tunggu...
Putra Tente
Putra Tente Mohon Tunggu... Dosen - Aktivis sosial

Mengamati dunia politik Indonesia terkait desentralisasi/otonomi daerah.

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Gen-Z dan Milenial Penentu Kemenangan Pilpres 2024

14 November 2023   15:58 Diperbarui: 14 November 2023   20:08 243
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

PEMILIH MUDA "GEN-Z DAN MELENIAL" PENENTU KEMENANGAN PILPRES 2024.

Oleh: Putra Tente.

Adapun Gen Z dan Milenial merupakan generasi yang lahir pada, 1997 sd 2012. Mereka sekarang berusia 8-23 tahun. Sedangkan Milenial yaitu generasi yang lahir pada 1981 sd 1996. (saat ini berusia 24 sd 39 tahun). Selanjutnya Gen X adalah generasi yang lahir pada 1965 sd 1980 (sekarang berusia 40 sd 55 tahun).

Dalam pemilu 2024, mendatang, pemilih GenZ dan Milenial mendominasi pemilih secara nasional, dengan porsi 56%, atau sekitar 114 juta. Separuh dari mereka adalah pemilih pemula berusia 18-23 tahun.

Kelimpahan Bonus demografi ini, menjadi pertama kalinya sepanjang sejarah pemilu kita, dan elektoral yang diperebutkan oleh ketiga kandidat presiden. Di sisi lain secara politik pemilih muda, memiliki problem yakni kurang tertarik politik dan apatis terhadap perkembangan politik dan tidak se-nasionalis dan agresif generasi sebelumnya yakni Gen-X. Seperti om Handan end the gank.

Pemilih milenial juga tidak bisa dengan mudah didorong oleh preferensi politik keluarga mereka untuk diarahkan pada kandidat tertentu, karena karakter kritis, mereka masuk golongan "Swing Voters" (pemilih rasional). 

Berbeda dengan pemilih Gen Z pemilih pemula berusia 19-23 -- di mana preferensi politiknya, masih bisa dipengaruhi keluarga mereka, untuk diarahkan memilih kandidat tertentu.

Melihat demografi pemilih muda GenZ & Milenial yang besar, partai politik dan kandidat mulai menerapkan strategi media sosial, membuat konten- konten-menarik diplatfom tiktok-IG-FB sesuai selera pemilih muda, untuk menarik pemilih muda dan bahkan salah satu kandidat calon presiden memilih anak muda sebagai wakilnya.

Ke mana arah prefrensi politik pemilih muda, dapat ditinjau dari dua aspek sosilogis - psikologis.

Mengacu pada data hasil riset BRIN menunjukkan kalangan milenial dan Gen-Z memiliki sikap keterbukaan yang tinggi terhadap informasi ataupun hal-hal baru yang belum mereka ketahui. Dua kelompok generasi ini juga memiliki rasa penasaran terhadap hal baru yang berkaitan dengan topik humaniora, teknologi dan sains.

Sedangkan preferensi dan animo dalam politik cenderung apatis karena politik selalu menonjolkan aspek abstrak (janji-janji kosong). Sementera preferensi atau selera hidup mereka lebih condong pada hal-hal yang praktis dan konkrit seperti sosial event, sosial movement dll. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun