Mohon tunggu...
Puti N Ramdhaniar
Puti N Ramdhaniar Mohon Tunggu... SMAN 1 PADALARANG

Hallo teman ! Semoga bacaan karya ku dapat menginspirasi ya !!

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Ibu Kota Tergenang

15 Januari 2020   17:01 Diperbarui: 15 Januari 2020   17:02 9 0 0 Mohon Tunggu...

Setelah kita lihat banjir yang menerpa Jakarta dari tahun ke tahun. Hujan terus mengguyur wilayah Jabodetabek, tak hanya Jabodetabek saja Bogor, Bekasi, Karawang, Tanggerang dan juga Bandung pun hujan memang tak berhenti-henti. Dari data terakhir yang didapat dari BNPB 4 Januari 2020, banjir ini merendam 308 kelurahan dengan ketinggian air beragam mulai 25-50 cm bahkan mencapai 60 orang dengan jumlah pengungsi sebanyak 92.621 orang.

Menurut saya penyebab banjir kali ini karena curah hujan yang sangat ekstrim. Perubahan iklim yang terjadi meningkatkan resiko dan peluang curah hujan pemicu banjir Jakarta. Dan juga minimnya resapan air karena lebih banyak bangunan-bangunan kota sedangkan tanah dan pepohonan yang sangat sedikit. Kurangnya ruang terbuka hijau juga pembangunan gedung dan hotel-hotel di wilayah Jakarta menyebabkan penggunaan air tanah secara berlebihan dan fakta terakhir adalah kebiasaan buang sampah sembarangan. Tak bis dipungkiri kebiasaan buruk buang sampah sembarangan masih sangat melekat pada warga Ibu Kota dan sekitarnya.

Untuk mengurangi limbah plastik yang memiliki dampak buruk bagi manusia dan lingkungan. Maka dibuat inovasi terbaru yaitu sedotan stainless yang dapat kita gunakan kembali. Berikut manfaat -- manfaat sedotn stainless :

        1. Ramah Lingkungan

Karena limbah plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai.

       2. Mudah dibersihkan

Kita hanya membersihkannya dengan sikat pembersih khusus.

       3. Aman

Aman karena bebas BPA (Bisphenol A). BPA adalah bahan kimia dalam plastik yang memicu terjadinya masalah seperti diabetes dan penyakit jantung.

      4. Praktis

Dan yang terakhir praktis dibawa kemana saja, ringan, dan bentuk yang kokoh. Tidak perlu khawatir kalau sedotan akan rusak atau patah saat disimpan ditas.

VIDEO PILIHAN