Mohon tunggu...
Purwa Tila Arsyani
Purwa Tila Arsyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Saya suka mendengarkan musik dan menonton film

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Sehat

Sayangi Gigi Sejak Dini bersama Mahasiwa Undip di SDN Carul

13 Agustus 2022   21:35 Diperbarui: 14 Agustus 2022   00:05 57 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
peserta edukasi kesehatan gigi dan mulut/dokpri

Carul, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal (28/07/2022)- Perilaku menjaga kesehatan dan kebersihan rongga mulut pada anak-anak di Indonesia masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil Riset Kesehatan Dasar yang dilakukan pada tahun 2013, dimana terdapat 28.9% anak usia 5-9 tahun mengalami masalah kesehatan gigi

Begitu pula dengan kondisi anak-anak di desa Carul yang menurut hasil survey, siswa/i SD di Desa Carul memiliki gigi berlubang, menghitam, menguning, serta gigi patah. Setelah dilakukan wawancara, sebagian besar siswa/i SD sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis dan dingin. Penyebab masalah gigi tersebut dipengaruhi oleh perilaku, pengetahuan, dan kebiasaan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Terlebih pada usia anak-anak, edukasi kesehatan tidak mudah untuk diterima. 

Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah melalui Dental Health Education (DHE) atau edukasi kesehatan gigi dan mulut yang bertujuan meningkatkan pengetahuan, serta merubah perilaku seseorang, baik individu maupun kelompok, yang mengarahkan pada gaya hidup sehat.

Melihat keadaan anak-anak desa Carul yang sebagian besar mengalami masalah gigi dan suka mengkonsumsi makanan manis dan minuman dingin, Purwa Tila Arsyani yang merupakan mahasiswa Keperawatan UNDIP'19 yang dibantu teman-teman KKN UNDIP TIM II di Desa Carul membuat suatu program dalam lingkup kesehatan, yaitu kegiatan pemberian edukasi terkait kebersihan gigi dan mulut serta kegiatan demonstrasi / praktik cara menyikat gigi yang baik dan benar kepada siswa/i SD Negeri Carul.

 Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan mengajak siswa/i SD agar selalu memperhatikan apa yang dikonsumsi serta menjaga kebersihan gigi dan mulutnya sehingga terhindar dari berbagai masalah gigi dan mulut, seperti gigi berlubang, gusi berdarah, mulut bau, dan lain-lain.

Pemaparan materi terkait permasalahan gigi dan mulut/dokpri
Pemaparan materi terkait permasalahan gigi dan mulut/dokpri

Kegiatan edukasi ini berisi pengenalan tentang berbagai masalah gigi pada anak, penyebab masalah gigi pada anak, bagaimana masalah tersebut dapat terjadi serta cara mencegah dan mengatasi masalah gigi salah satunya yaitu dengan menyikat gigi. Selain itu juga dilakukan praktik secara langsung bagaimana cara menyikat gigi dengan baik dan benar.

Praktik sikat gigi bersama anak SD/dokpri
Praktik sikat gigi bersama anak SD/dokpri

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 28 Juli 2022 di SD Negeri Carul dengan sasaran siswa/i kelas 1 dan 2. Kegiatan ini bekerjasama dengan beberapa pihak, yaitu guru-guru dan siswa/i SD Negeri Carul, serta Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro. 

Edukasi ini dilakukan dengan pemaparan materi melalui powerpoint, menyanyi bersama, demonstrasi cara menyikat gigi yang baik dan praktik sikat gigi bersama. Kemudian di akhir dilakukan sesi evaluasi yaitu dengan memberikan pertanyaan terkait materi yang telah disampaikan kepada siswa/i SD Negeri Carul. 

Saat evaluasi, mereka sangat bersemangat menjawab pertanyaan dan sesi ini dilengkapi dengan hadiah berupa sikat dan pasta gigi. Selain itu, di akhir kegiatan dilakukan pemasangan poster tentang cara menyikat gigi yang benar di ruang kelas dengan tujuan agar anak-anak dapat selalu ingat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulutnya serta terhindar dari berbagai masalah gigi pada anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Sehat Selengkapnya
Lihat Indonesia Sehat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan