Mohon tunggu...
Purwani Wijayanti
Purwani Wijayanti Mohon Tunggu... Hobi Menulis

Berawal dari hobi menulis kutekuni dunia literasi. Walaupun karyaku masih berupa artikel-artikel dan puluhan antologi tetapi tetap semangat tuk terus menambah ilmu tanpa kenal usia. Sebagai Mak Comblang Joeragan Artikel, sambil terus menambah ilmu dan komunitas di literasi, dan masih ngantor.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

5 Kiat Sederhana agar Tidak Kalap Saat Promo

22 Agustus 2019   14:14 Diperbarui: 22 Agustus 2019   14:24 0 0 0 Mohon Tunggu...

Menjelang hari  libur nasional , hari besar keagamaan, atau akhir tahun banyak pedagang mengadakan promo atau diskon pada dagangannya.  Mereka seringkali  memanfaatkan hari libur tersebut untuk menarik minat pembeli atau sekadar menghabiskan stok lama yang tidak laku.  

Jadi tidak semua barang yang didiskon merupakan produk baru, apalagi untuk jenis fashion, biasanya diikutkan promo karena stok ukuran tertentu yang  jarang diminati atau model yang sudah ketinggalan mode.

Maka berhati-hatilah dengan barang diskon atau promo. Membelilah karena memang membutuhkan, jangan hanya tergiur diskon besar atau harga murah. Lantas bagaimana menyiasati jebakan diskon agar tepat guna dan tidak hanya mengejar diskon yang kadang mencapai 70% atau bahkan lebih? Yuk, kita simak kiat-kiatnya.

1. Fokus dan Tahan Emosi
Biasanya orang memburu barang diskon tidak fokus pada uang yang dikeluarkan tetapi lebih kepada besarnya diskon yang menggiurkan. 

Jangan sampai fokus pada diskon akhirnya sampai di rumah menyesal karena barang yang dibeli ternyata tidak begitu diperlukan.  Hanya emosi sesaat kala melihat diskon besar-besaran apalagi harga yang tertera sangat murah dari harga sebelumnya.

2. Bawalah Uang Cash Seperlunya dan Tinggalkan ATM atau Kartu Kredit
Dengan hanya membawa uang cash tanpa membawa kartu ATM atau kartu kredit meminimalkan dalam berburu barang diskon. 

Tentu saja akan selalu menghitung uang cash yang ada di dompet agar tidak minus pengeluaran. Lain halnya jika ada kartu yang dapat mengeluarkan uang  jika diperlukan, akan sangat dengan mudah kita kalap membeli barang diskon tersebut.

3. Hindari Belanja Pada saat Perut Lapar
Membeli barang diskon pada jenis kebutuhan sekunder seperti tas, sepatu, baju, dan lain-lain haruslah fokus dan teliti. Keterbatasan waktu, menjadikan kurang teliti ketika memilih barang dan harga, lho. 

Dalam kondisi perut lapar, kita akan tergesa-gesa dalam memilih barang atau saat belanja.  Pastikan sebelum pergi ke pusat perbelanjaan apalagi berburu barang diskon, sebaiknya makan terlebih dahulu agar belanja menjad i nyaman dan tidak tergesa-gesa. 

4. Hindari Belanja Bersama Teman-teman
Kiat yang satu ini tidak boleh dianggap sepele. Belanja sendirian saat barang diskon atau promo  ternyata lebih efektif dibandingkan mengajak teman-teman.  

Sendirian akan lebih fokus mencermati barang-barang diskon dan merasa nyaman berinteraksi dengan sesama pemburu diskon atau kepada tim promosi. Coba jika dengan teman-teman dipastikan kurang fokus dengan penawaran diskon atau malah tergiur dengan barang yang dibeli teman-teman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x