Mohon tunggu...
Purwani Wijayanti
Purwani Wijayanti Mohon Tunggu... Hobi Menulis

Berawal dari hobi menulis kutekuni dunia literasi. Walaupun karyaku masih berupa artikel-artikel dan puluhan antologi tetapi tetap semangat tuk terus menambah ilmu tanpa kenal usia. Sebagai Mak Comblang Joeragan Artikel, sambil terus menambah ilmu dan komunitas di literasi, dan masih ngantor.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pernahkah Mengalami Wajah Berminyak Saat Bangun Tidur? Ini Pemicunya!

7 Agustus 2019   13:10 Diperbarui: 7 Agustus 2019   15:01 66 4 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pernahkah Mengalami Wajah Berminyak Saat Bangun Tidur? Ini Pemicunya!
grid.id

Hai, Sahabat Kompasianer.

Pernah atau bahkan seringkali mendapati wajah berminyak saat bangun pagi? Tentu saja membuat risi dan tidak nyaman, kan, Sahabat Kompasianer. Kira-kira apa, ya, yang menyebabkan wajah berminyak saat kita baru bangun tidur? Mari kita baca sejenak penyebab atau pemicunya agar saat bangun tidur kondisi wajah kita tidak lagi berminyak atau mengilap.

1. Jenis Kulit Berminyak

Salah satu penyebab kulit berminyak yaitu kondisi kulit wajah yang kita miliki. Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, dari kulit kering hingga kulit berminyak. Kulit berminyak cenderung menyebabkan wajah berminyak saat bangun tidur. Diperparah lagi dengan faktor keturunan dan lingkungan sekitarnya. Jika memang mempunyai jenis kulit berminyak, tentu saja saat bangun tidur kondisi kulit wajah akan tampak berminyak.

2. Kondisi Hormon

Hormon juga menjadi salah satu pemicu wajah mengkilap saat bangun tidur. Kadar hormon akan meningkat pada waktu malam hari sehingga membuat kadar minyak yang diproduksi berlebihan. Begitu juga saat sedang menstruasi, hormon akan meningkat dan memicu produktivitas kelenjar minyak sehingga wajah akan lebih berminyak.

3. Kulit yang Terlalu Kering

Faktor lainnya dapat dipicu karena kondisi kulit yang kering. Ketika kulit terlalu kering pada malam hari, kelenjar otomatis akan menciptakan lebih banyak minyak. Faktor penyebab kulit kering antara lain karena make up, makanan, maupun cuaca. Pastikan sebelum kita tidur wajah harus dibersihkan terlebih dahulu. Minimal dengan mencuci muka agar saat tidur kulit wajah tidak kering.

4. Membersihkan Wajah secara Berlebihan

Jangan salah ya, Sahabat Kompasianer, ternyata terlalu berlebihan ketika membersihkan wajah juga menjadi pemicu kulit wajah berminyak saat bangun tidur. Berlebihan atau terlalu sering membersihkan wajah justru memicu wajah berminyak. Bersihkan wajah seperlunya saja. Justru ketika terlalu sering membersihkan wajah, kita akan membuang minyak secara berlebihan. Cukup satu kali mencuci wajah sebelum tidur.

5. Dehidrasi

Kekurangan cairan atau dehidrasi ternyata menjadi pemicu wajah sering berminyak saat bangun tidur. Ketika dehidrasi, minyak akan diproduksi secara berlebihan dari biasanya. Selain dehidrasi tidak baik untuk kesehatan ternyata dapat menyebabkan kulut wajah berminyak saat bangun tidur. Minumlah air putih yang cukup guna menghidari dehidrasi.

6. Konsumsi Makanan Berminyak

Asupan makanan sehari-hari juga pencetus wajah berminyak saat bangun tidur. Seperti gorengan, kerupuk, dan lainnya sebaiknya dihindari. Selain dapat mengurangi wajah berminyak saat bangun tidur, juga tidak baik untuk kondisi kesehatan kita. Makanlah makanan yang menyehatkan, seperti sayuran  dan buah segar.

Demikianlah antara lain penyebab kulit wajah berminyak saat bangun tidur. Yuk, Sahabat Kompasianer hidup dengan pola hidup teratur dan sehat agar kesehatan wajah tetap terjaga.

Semoga artikel ini  bermanfaat!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x