Mohon tunggu...
Purnama Tambunan
Purnama Tambunan Mohon Tunggu... Badminton Lover

"Hidup itu bak menaiki sepeda. Sepeda harus terus bergerak untuk menjaganya tetap seimbang." (A. Einstein)

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis

Begini Cara "Live Streaming" Pertandingan Bulu Tangkis

21 Oktober 2018   20:16 Diperbarui: 9 Juni 2019   18:07 0 0 0 Mohon Tunggu...
Begini Cara "Live Streaming" Pertandingan Bulu Tangkis
Begini Cara Live Streaming Pertandingan Bulu Tangkis (sumber: Badmintonworld.tv)

Aturan penyiaran turnamen bulu tangkis yang ditetapkan Badminton World Federation (BWF), di mana pemegang hak siar wajib menayangkan pertandingan sejak babak pertama, tergolong berat. Wajar saja jika tahun ini pertandingan bulu tangkis kategori BWF World Tour jarang hadir di layar TV.

Bagi yang setia menyaksikan pertandingan lewat TV nasioanal, hal tersebut tentu mengecewakan. Namun, bagi sebagian pecinta bulu tangkis lainnya, mungkin, hal tersebut bukan masalah. Toh, beberapa tahun yang lalu, bulu tangkis sudah lebih dulu mengalami masa suram minimnya penyiaran oleh stasiun TV nasional.

Bagi Anda yang tetap ingin menyaksikan pertandingan bulu tangkis, tak perlu khawatir. Asalkan punya gawai dilengkapi kuota data internet yang cukup, Anda dan saya tetap bisa menyaksikan jagoan-jagoan bulu tangkis beraksi melalui fasilitas live streaming di jagat maya.

Jadwal Pertandingan 

Pertama-tama, kita wajib mengetahui jadwal pertandingan bulu tangkis. Jadwal tersebut dapat diakses lewat situs Tournamentsoftware. Berikut cara mengetahui jadwal lewat situs tersebut.

  1. Buka situs https://www.tournamentsoftware.com. Selanjutnya muncul tampilan seperti gambar 1.
    Gambar 1 (sumber: Tournamentsoftware)
    Gambar 1 (sumber: Tournamentsoftware)
  2. Klik YES, I ACCEPT. Selanjutnya muncul tampilan seperti gambar 2. Pilih turnamen yang dikehendaki, misalnya turnamen Denmark Open 2018. Kebetulan, nama turnamen ini langsung muncul di bagian atas halaman. Selanjutnya muncul tampilan seperti gambar 3.
    Gambar 2 (sumber: Tournamentsoftware)
    Gambar 2 (sumber: Tournamentsoftware)
    Gambar 3 (sumber: Tournamentsoftware)
    Gambar 3 (sumber: Tournamentsoftware)
  3. Scroll ke bawah sampai muncul sederet tanggal turmamen seperti gambar 4.
    Gambar 4 (sumber: Tournamentsoftware)
    Gambar 4 (sumber: Tournamentsoftware)

  4. Klik tanggal yang dikehendaki, misalnya tanggal 21. Selanjutnya muncul tampilan seperti gambar 5. Jika di-scroll ke bawah, maka muncul tampilan seperti gambar 6.
    Gambar 5 (sumber: Tournamentsoftware)
    Gambar 5 (sumber: Tournamentsoftware)
    Gambar 6 (sumber: Tournamentsoftware)
    Gambar 6 (sumber: Tournamentsoftware)
    Dari gambar 6, kita dapat mengetahui bahwa pertandingan babak final turnamen Denmark Open dimulai pukul 12:00 PM waktu setempat. Karena ada perbedaan zona waktu, kita perlu mencocokkan waktu setempat dengan waktu di tempat kita akan menyaksikan live streaming. Caranya bisa dilihat di sini.

Situs Penyedia Live Streaming

Setelah mengetahui kapan persisnya pertandingan bulu tangkis akan kita saksikan, berikutnya kita perlu mengetahui beberapa situs penyedia live streaming. Ada dua situs live streaming yang populer di kalangan pecinta bulu tangkis, yaitu BadmintonWorld.tv dan Videostream.dn.

BadmintonWorld.tv 

BadmintonWorld.tv merupakan saluran resmi BWF di YouTube. Sayangnya, karena masalah perjanjian penyiaran, BWF memblokir akses video untuk negara-negara tertentu. Turnamen Denmark Open yang sedang berlangsung saat ini termasuk salah satu yang diblokir jika diakses dari Indonesia. 

Pun demikian, jika kita ingin menyaksikan live streaming di laptop atau PC, kita tetap dapat mengaksesnya dengan cara membuka blokirnya terlebih dahulu. Sedangkan untuk menyaksikan live streaming di smartphone, kita perlu meng-install aplikasi Turbo VPN terlebih dahulu. Aplikasi ini dapat diunduh via Play Store.

Videostream.dn

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3