Mohon tunggu...
Purnama Tambunan
Purnama Tambunan Mohon Tunggu... Badminton Lover

"Hidup itu bak menaiki sepeda. Sepeda harus terus bergerak untuk menjaganya tetap seimbang." (A. Einstein)

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Cara Melihat "History Order Lama" Go-Jek

28 April 2018   16:34 Diperbarui: 21 Oktober 2018   20:45 0 0 0 Mohon Tunggu...
Cara Melihat "History Order Lama" Go-Jek
Cara Melihat History Order Lama Go-Jek/dokpri

Saya tergolong pengguna baru aplikasi Go-Jek. Aplikasi ini baru saya unduh pada 10 Mei 2017. Tanggal ini saya ketahui lewat email sign up confirmation (email yang dikirim setelah registrasi berhasil), yang masuk pada 10 Mei 2017 dan baru saya klik hari ini! Terlalu!

Pada email tersebut diberitahukan bahwa saya telah teregistrasi dan diminta untuk memverifikasi email dengan mengklik tombol link yang tersedia. Permintaan ini saya abaikan. Kala itu saya belum mengerti pentingnya memverifikasi email. Toh saya masih bisa menggunakan aplikasinya, mengorder ini itu tanpa kendala. Hingga suatu ketika ada kejadian yang memaksa saya untuk memverifikasi email.

***

Beberapa waktu yang lalu saya mendapat tugas luar kantor. Kebetulan, karena satu dan lain hal, saya tidak dapat menggunakan kendaraan yang biasa disediakan kantor untuk tugas luar. Saya pun diminta untuk menggunakan transportasi online. Perusahaan akan mengganti biayanya.

Singkat cerita, sebulan kemudian, saya ingin mengajukan penggantian biaya. Satu hal yang saya tahu: untuk mendapatkan bukti transaksi, saya hanya perlu mengklik menu riwayat order pada aplikasi karena di sana tertera biaya perjalanan. Saya cek riwayat order. Ternyata ada salah salah satu riwayat order, yang saya butuhkan untuk penggantian biaya, yang terhapus karena sudah melebihi kuota. Alamak! Kalau begini kondisinya, bisa-bisa saya gagal mendapatkan penggantian biaya. Saya pun melakukan pencarian di dunia maya: cara mendapatkan kembali riwayat order yang terhapus. Sayang, pencarian ini tidak membuahkan hasil.

Ada tertulis bahwa order receipt akan dikirim via email setelah perjalanan selesai. Saya pun mencek email masuk dari Go-Jek. Isinya sebagian besar permintaan untuk memverifikasi email tanpa satu pun email order receipt. Melihat fenomena ini saya paham: order receipt tidak dapat terkirim karena email saya belum terverifikasi. Saya pun segera memverifikasi email sesuai petunjuk yang ada.

Lalu bagaimana cara mendapatkan kembali riwayat order yang terhapus? Entah mengapa tetiba saya seperti digiring kembali ke aplikasi. Ya, jawaban yang saya cari justru ada pada aplikasi itu sendiri. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Pastikan email yang digunakan sebagai akun Go-Jek sudah terverifikasi.
  2. Buka aplikasi Go-Jek. Klik menu Help (lihat gambar 1). Selanjutnya muncul tampilan seperti gambar 2.
    Gambar 1/Screenshot dari aplikasi Go-Jek.
    Gambar 1/Screenshot dari aplikasi Go-Jek.
    Gambar 2/Screenshot dari aplikasi Go-Jek.
    Gambar 2/Screenshot dari aplikasi Go-Jek.

  3. Ketik teks "history" (ketik tanpa tanda petik) pada area pencarian informasi di sebelah gambar lup. Selanjutnya muncul tampilan seperti gambar 3. Secara otomatis akan muncul beberapa pilihan terkait pencarian teks "history", pilih easy way to find order history.
    Gambar 3/Screenshot dari aplikasi Go-Jek.
    Gambar 3/Screenshot dari aplikasi Go-Jek.

  4. Selanjutnya muncul tampilan seperti gambar 4. Klik E-mail us, it's free!.
    Gambar 4/Screenshot dari aplikasi Go-Jek.
    Gambar 4/Screenshot dari aplikasi Go-Jek.
  5. Selanjutnya muncul tampilan seperti gambar 5. Tersedia tiga kotak dan ketiganya wajib diisi. Kotak pertama dan kedua diisi dengan format tanggal: tahun-bulan-hari (YYYY-MM-DD). Kotak pertama diisi dengan tanggal awal riwayat order yang ingin diketahui informasinya, sedangkan kotak kedua diisi dengan tanggal akhir. Jika ingin mengetahui riwayat order dalam satu hari, cukup isi kotak pertama dan kedua dengan tanggal yang sama. Kotak ketiga diisi dengan pengalaman selama menggunakan fasilitas yang disediakan Go-Jek. Silakan kalau ingin membuat cerita pendek. Namun, mengisi dengan beberapa kata saja sudah cukup. Lalu klik Send. Tunggu beberapa saat. Pengalaman saya, permintaan akan direspon vie email dalam waktu sekitar 15 menit.
    Gambar 5/Screenshot dari aplikasi Go-Jek.
    Gambar 5/Screenshot dari aplikasi Go-Jek.

Cek inbox email. Cari email dari support@csgo-jek.zendesk.com dengan subject[GO-JEK] Perihal: [In App Help][General][History & Detail Order]. Lalu unduh file format pdf yang dilampirkan. File ini berisi rincian penggunaan layanan Go-Jek selama rentang waktu yang diinginkan. Tampilan file tampak seperti gambar 6. Beberapa saat kemudian akan masuk email permintaan penilaian layanan yang baru saja digunakan. Sempatkanlah untuk memberikan penilaian.

Gambar 6/Screenshot dari aplikasi Go-Jek.
Gambar 6/Screenshot dari aplikasi Go-Jek.
Setelah mengetahui cara mendapatkan riwayat order, timbul pertanyaan lainnya: seberapa lama rentang waktu riwayat order yang bisa diperoleh? Untuk menjawab pertanyaan ini, saya iseng mengajukan kembali permintaan riwayat order. Saya isi rentang waktu selama satu tahun. Tidak ada peringatan apa pun saat saya memasukkan rentang waktu setahun itu. Kemudian saya cek email yang masuk. Ternyata kali ini email yang saya dapatkan berbeda. Salah satu isinya menerangkan bahwa rentang waktu yang diperbolehkan maksimal 30 hari.

Agar lebih efisien, seharusnya ada sistem yang menginformasikan kepada pengguna saat rentang waktu yang diisi melampaui batas. Misalnya, dengan memunculkan pop up peringatan bahwa rentang waktu melebihi batas. Atau, jika ingin lebih praktis, cukup dicantumkan keterangan di bawah kotak isian bahwa rentang waktu maksimal yang diperbolehkan adalah 30 hari.

Lega rasanya, saya bisa tetap megajukan penggantian biaya. Harus segera diurus ini. Nominalnya tidak seberapa, tapi lumayan untuk ditukar dengan beberapa mangkuk bakso.

28 April 2018

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2