Mohon tunggu...
wahyu purwanti
wahyu purwanti Mohon Tunggu... mahasiswa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Bersama KKN UPI

30 Juni 2020   20:57 Diperbarui: 30 Juni 2020   21:07 37 0 0 Mohon Tunggu...

Pada awal tahun 2020 ini masyarakat dunia di kejutkan dengan fenomena yang baru pertama kali terjadi yaitu wabah virus corona (Covid19). Terhitung tanggal 11 bulan maret WHO menetapkan wabah ini sebagai pandemic global (kompas tv article , 2020). Virus Corona merupakan keluarga penyakit yang menyerang saluran pernafasan. 

"Oleh karena itu kami menilai, bahwa Covid-19 dapat dikategorikan sebagai pandemic" (kompas tv article , 2020). Hal tersebut berpengaruh pada kegiatan bekerja dan belajar mengajar yang harus dilakukan secara daring demi melakukan pencegahan virus corona ini. Pembelajaran yang di lakukan baik formal maupun informal harus tetap dilakukan secara online selama pandemic ini masih terjadi. Hal ini terus terang menjadi tantangan baru bagi para tenaga didik maupun murid saat menjalankannya.

Pada kegiatan kali ini LPPM Universitas Pendidikan Indonesia mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi para mahasiswanya untuk dapat memerankan tenaga didik berinovasi menyampaikan materi dengan penyesuaian keadaan di saat pembelajaran daring. KKN Tetapi hal hal seperti apakah yang seharusnya dipersiapkan oleh para guru dalam menghadapi situasi yang baru seperti ini.

Menurut (Bagus, Mantra, Ayu, Sri, & Istri, 2020) mereka menawarkan solusi yaitu dengan melakukan pelatihan kemampuan guru guru pada lembaga bimbingan belajar. Berbeda lagi dengan (Batubara & Batubara, 2020) beliau memanfaatkan pembelajaran dengan menggunakan video tutorial. Sedangkan pada penelitian (Khasanah, Pramudibyanto, & Widuroyekti, 2020) menggunakan tutorial webinar dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar nya.

Salah seorang mahasiswa peserta KKN Tematik ini, Wahyu Purwanti yang berasal dari Prodi Manajemen Pemasaran Pariwisata di bawah bimbingan Dr. Yuliawan Kasmahidayat, M.Si., melaksanakan KKN-nya di tempat kelahirannya, Kota Kutoarjo Kab Purworejo Jawa Tengah. Berdasarkan panduan penelitian sebelumnya telah menunjukan berbagai macam cara untuk tetap dapat menjalankan kegiatan belajar di tengah pandemic yang sedang terjadi saat ini. 

Karena bagaimanapun kegiatan belajar mengajar tidak dapat diberhentikan, sehingga kita sebagai tenaga pendidik ataupun calon tenaga pendidik untuk memikirkan hal tersebut dan berinovasi dalam eksekusinya. 

Dalam KKN pencegahan Covid-19 yang diadakan oleh UPI mengadakan program pendampingan belajar pada siswa sekolah. Hal tersebut telah dijalankan dengan beberapa cara yang dianggap justru menjadi inovasi bagi dunia Pendidikan termasuk mengasah ilmu baru bagi para tenaga pendidik untuk mempelajarinya. 

Salah satu mahasiswa KKN bernama wahyu ini melakukan kegiatan KKN nya dengan menerapkan kegiatan menggunakan beberapa metode seperti diatas diantaranya WAG (Whatsapp group), Video Tutorial, bagi kegiatan belajar mengajar dengan sasaran SD dan SMP metode tersebut merupakan media paling mudah diakses karena terbatasnya media yang dimiliki peserta. Tetapi dalam pembuatan video tutorial belajar tidak hanya di sebarkan kepada anak-anak tetapi di share ke sosial media agar bisa dilihat oleh siswa lain.

VIDEO PILIHAN