Mohon tunggu...
Puput Indawati
Puput Indawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Prodi PIPS

Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pendampingan Pemasaran UMKM Batik B'Dhan bersama KKN Desa Sumberbening Universitas Negeri Malang

21 Juli 2021   19:35 Diperbarui: 21 Juli 2021   19:46 22 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pendampingan Pemasaran UMKM Batik B'Dhan bersama KKN Desa Sumberbening Universitas Negeri Malang
Kegiatan konsultasi dan wawancara secara offline batik B'Dhan Bersama KKN desa Sumberbening ( Rabu, 14/07/2021) / dokpri

Malang-Rabu (14/07/2021) Universitas Negeri Malang (UM) melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan di Desa Sumberbening Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Kegiatan tersebut yaitu Pendampingan pemasaran UMKM batik B'Dhan desa Sumberbening kecamatan Bantur kabupaten Malang. UMKM Batik B'Dhan merupakan salah satu usaha tradisional yang bergerak dibidang kerajinan tangan yaitu kain batik. 

UMKM Batik B'Dhan terlerak di Dusun Krajan DEsa Sumberbening Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tujuan adanya program ini yaitu untuk membantu memberikan dampingan kepada UMKM Batik B'Dhan Desa Sumberbening dalam pembuatan marketplace dan katalog produk, sehingga mampu bersaing dipasar Internasional.

Awal pelaksanaan program kerja dilakukan pada hari Rabu 16 juni 2021 diawali dengan mengubungi pihak pengelola usaha batik B'Dhan yaitu bapak Supri untuk melakukan konsultasi secara offline. Pada tanggal 28 juni 2021  mahasiswa KKN desa Sumberbening Universitas Negeri Malang melakukan konsultasi dan wawancara mengenai hal hal yang akan dilaksanakan untuk program kerja Batik.

Kegiatan konsultasi dan pemberian informasi mengenai macam-macam batik yang diproduksi (Minggu, 11/07/2021) / dokpri 
Kegiatan konsultasi dan pemberian informasi mengenai macam-macam batik yang diproduksi (Minggu, 11/07/2021) / dokpri 

Pada tanggal 14 Juli 2021 KKN desa sumberbening mulai melakukan pembuatan katalog produk batik dan pembuatan akun marketplace shopee. Pemberian katalog produk direncanakan akan dilakukan saat acara pamitan atau penutupan KKN desa Sumberbening, menurut schedule Kegiatan diawali dengan pemberian katalog Produk yang berisi foto-foto produk batik yang nantinya akan digunakan untuk pelayanan konsumen. Selain katalog produk KKN desa Sumberbening juga pemberian akun marketplace yaitu akun belanja online Shopee. Hal tersebut bertujuan untuk memperkenalkan batik B'Dhan agar dapat dikenal masyarakat luas. 

 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN