Mohon tunggu...
Puput Indawati
Puput Indawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Prodi PIPS

Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pojok Baca Lanjutan Diharapkan Mampu Menumbuhkan Rasa Minat Baca Anak-anak TPQ Al-Khoir

21 Juli 2021   14:41 Diperbarui: 21 Juli 2021   14:55 26 0 0 Mohon Tunggu...

Pada perkembangan zaman yang semakin canggih ini kemampuan literasi sangat dibutuhkan, terlebih pada masa pandemi Covid-19 seperti ini. Di Indonesia tingkat literasi masyarakat khususnya anak-anak masih tergolong rendah. Dampak negatif dari rendahnya tingkat literasi tersebut salah satunya adalah maraknya penyebaran hoaks, di mana dalam hal ini anak-anak masih cenderung belum memahami berita mana yang benar dan salah. 

Dokpri
Dokpri

Melihat kondisi demikian mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang membuat Program Pojok Baca yang merupakan lanjutan dari program kerja KKN sebelumnya. Pojok baca merupakan sebuah tempat yang ada di sudut ruangan yang dilengkapi dengan koleksi buku. Melalui pojok baca  siswa atau anak-anak dilatih untuk membiasakan membaca buku hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan literasi untuk digunakan pada kehidupan sehari-hari.

Program Pojok Baca lanjutan ini dilakukan dengan tiga tahapan yaitu tahap awal/ persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir/ penutup. Program Pojok Baca lanjutan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 16 Juni 2021- 14 Juli 2021. Hasil dari Program Pojok Baca lanjutan adalah pembaharuan dan penambahan fasilitas pojok baca di TPQ Musala Al-Khoir dengan jumlah total 150 buku dilengkapi dengan rak buku yang telah dibuat oleh mahasiswa KKN. Diharapkan dengan adanya program ini dapat memberikan dampak positif dilihat dari adanya peningkatan minat membaca pada anak-anak di TPQ Musala Al-Khoir Desa Sumberbening.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN