Mohon tunggu...
Humaniora

Sukses itu..

8 Desember 2017   20:29 Diperbarui: 8 Desember 2017   20:38 444
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Saya dilahirkan dan dibesarkan oleh orangtua yang luar biasa. Ayah saya seorang pegawai swasta dan ibu seorang ibu seorang ibu rumah tangga. Bicara mengenai kesuksesan berarti berbicara mengenai sukses itu sudah tercapai atau belum, tentunya setiap orang memiliki ukuran kesuksesan yang berbeda-beda.

Bagi saya, kesuksesan dalam hidup itu ketercapaian yang amat sangat membuat diri menjadi bangga dan merasakan arti hidup yang sebenarnya, dengan demikian seseorang itu sebenarnya telah, sedang dan akan terus mengalami kesuksesan dalam hidupnya tinggal bagaimana persepsi seseorang dalam menilai setiap peristiwa dala hidupnya, apakah ia menilai dari setiap peristiw itu sebagai kesuksesan atau sebaliknya. Padahal seseorang bisa saja membuat ukuran kesuksesan yang sangat sederhana namun memiliki arti yang amat mulia tidak perlu mematok kesuksesan yang amat tinggi jika kita tidak bisa membuat ukuran sukses dari hal yang paling sederhana. Bagaimana bisa akan bisa tercapai jika untuk mencapai sukses yang sederhana saja tidak bisa?.

Jika kesuksesan dalam hidup seseorang itu berbeda-beda, maka menurut saya tentang "Kesuksesan terbesar dalam hidupku" itu menjadi suatu hal yang sangat menantang, mana yang dikatakan kesuksesan besarku? Menjadi juara umum sekolah? Memiliki karir yang bagus? Atau apa? Itu menjadi suatu pemikiran yang berat karena bagi saya kesuksesan yang paling besar dalam kehidupan saya adalah ketika saya bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain.

Saya selalu mengingat kata-kata itu dan saya jadikan sebagai motivasi hidup dan semangat saya untuk terus berjuang menimba ilmu disalah satu perguruan tinggi, dan menjadi mahasiswa juga merupakan kebanggaan tersendiri bagi saya, apalagi kesempatan untuk berkuliah itu merupakan sesuatu yang cukup langka apalgi untuk kalangan perempuan. Pada saat itu pula Saya jadikan kata bermanfaat itu sebagai acuan saya dalam hidup untuk menambah kokoh kesuksesanku, supaya saya bisa mengukur seberapa manfaatnya saya setelah menjadi mahasiswa untuk orang-orang yang ada di sekitar saya.

Ketika saat itu pula saya termotivasi untuk selalu berbuat baik kepada semua orang tanpa memandang siapapun itu tanpa memikirkan hasilnya. Bukan berarti hasil itu tidak penting, namun rasa manfaat itu akan terasa bahwa itu manfaat ada pada usaha dan proses menuju arah yang lebih baik. Dengan demikian, sejauh mana usaha saya untuk menjadikan kesuksesan yang telah diraih dan bisa dinikmati oleh sesama merupakan bagian yang saya anggap penting, biarlah oranglain yang menilai hasilnya.

Menurut saya definisi sukses yaitu ketika kita bisa bermanfaat bagi orang lain. Kesuksesan bisa terjadi kapan saja, entah sekarang, esok atau lusa dan bahkan di masa yang akan datang, tidak ada batasan waktu tertentu. Ketika kita bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain maka saat itulah kita telah sukses. Demikianlah, tulisan singkat mengenai kesuksesan terbesar dalam hidup saya. Apa yang menjadi kesuksesan dalam hidupmu?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun