Mohon tunggu...
Ina Widyaningsih
Ina Widyaningsih Mohon Tunggu... Staf TU SMPN 3 Pasawahan

Penyair Pinggiran

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Ramuan Kunyit Istimewa Buatan Mak Nyai dari Purwakarta Istimewa

15 Januari 2020   07:45 Diperbarui: 15 Januari 2020   23:33 129 5 2 Mohon Tunggu...
Ramuan Kunyit Istimewa Buatan Mak Nyai dari Purwakarta Istimewa
Ramuan Kunyit Istimewa buatan Mak Nyai. Dokpri.

Warisan nenek moyang sudah selayaknya dilestarikan. Salah satunya adalah ramuan obat tradisional yang terbuat dari herbal, dimana bahan utamanya dapat diperoleh dengan mudah. Apalagi jika kita rajin untuk menanamnya sebagai tanaman apotik hidup di pekarangan rumah. Tanaman kunyit sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari diantaranya berkhasiat sebagai obat.

Tersebutlah seorang ibu tua yang dari tangan lihainya dapat menghasilkan Ramuan Kunyit Istimewa. Ramuan kunyit ini sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan. Dari seorang "Mak Nyai" ramuan kunyit istimewa tercipta.

Sudah lama mengenal Mak Nyai yang sederhana dan ramah. Entah siapa nama asli dan jelasnya tak pernah ia beritahukan, nama yang dikenal selama ini dengan sebutan "Mak Nyai". Beliau tinggal di Kp. Karangsari Rt. 06/Rw. 02 Desa Citalang Kecamatan Purwakarta.

Rumah Mak Nyai yang masih kental dengan tradisi sundanya. Dokpri.
Rumah Mak Nyai yang masih kental dengan tradisi sundanya. Dokpri.

Pertama mengenalnya ketika waktu itu saya mengalami sakit maag. Ada seorang teman yang memberi informasi bahwa sakit maag itu bisa disembuhkan dengan minum ramuan kunyit. Tanpa pikir panjang aku langsung memesan ramuan tersebut kepada teman yang sudah hafal rumah pembuatnya.

Setelah ramuan kunyit tersebut diantarkan ke rumah, saya pun diberitahu cara meminumnya. Ramuan kunyit tersebut dituang ke dalam gelas ukuran sedang, lalu tambahkan satu butir kuning telur ayam kampung dan satu sendok madu. Kemudian aduk rata ramuan kunyit tadi secara perlahan, dan minumlah.

Sebotol ramuan kunyit yang memang cukup untuk 3 x sehari, telah habis saya minum. Hingga besoknya memesan kembali sebotol ramuan tersebut agar pengobatan maag-ku tuntas. Apa yang terjadi setelah dua hari saya meminumnya?

Alhamdulillah, badan yang tadinya terasa lemas menjadi segar kembali, lambung yang biasanya terasa perih kini tak sakit lagi, sepertinya maag-ku sembuh setelah minum ramuan kunyit tersebut.

Tak berhenti di sini, ramuan kunyit itu pun kian akrab dalam kehidupan. Ketika saudara saya terserang penyakit typhus, dicobalah ramuan kunyit istimewa ini diberikan sebagai obat alternatif untuk penyembuhan. 

Alhasil penyakitnya pun sembuh dengan kondisi tubuh yang lebih segar. Banyak yang merasa heran sebenarnya ramuan kunyit istimewa ini terbuat dari apa saja bahannya.

Pada suatu kesempatan, saya pun mencoba bertanya kepada Mak Nyai tentang olahan ramuan kunyit istimewa. Dari penjelasan beliau akhirnya diketahui bahan apa saja untuk membuat ramuan kunyit istimewa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x