Mohon tunggu...
Puji Ingtiyasningsih
Puji Ingtiyasningsih Mohon Tunggu... Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Purworejo

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pembelajaran Berkearifan Lokal Melalui Media Ramah Lingkungan

3 Mei 2021   10:23 Diperbarui: 3 Mei 2021   10:55 26 1 0 Mohon Tunggu...

Pembelajaran merupakan proses yang sengaja dirancang untuk menciptakan terjadinya aktivitas belajar dalam diri individu. Dengan kata lain, pembelajaran merupakan sesuatu hal yang bersifat eksternal dan sengaja dirancang untuk mendukung terjadinya proses belajar internal dalam diri individu. Aktivitas pembelajaran akan memudahkan terjadinya proses belajar apabila mampu mendukung peristiwa internal yang terkait dengan pemrosesan informasi.

Suasana dan lingkungan belajar yang kondusif dan nyaman untuk pembelajaran itu beragam, tetapi dalam salah satu sudut pandang, misalnya dalam sudut pandang konteks, peserta didik akan lebih tepat jika mengoptimalkan kearifan lokal. Pengetahuan peserta didik mengenai kearifan lokal daerah tempat tinggalnya masih kurang. Penerapan kearifan lokal dibutuhkan agar peserta didik dapat mengenal kebudayaan daerah dan mampu untuk tetap melestarikannya. Kearifan lokal sendiri pada dasarnya adalah nilai-nilai kebaikan dari budaya lokal dan sudah mendapat pengakuan oleh mayoritas masyarakat tentang kebaikannya. Dengan kata lain, kearifan lokal adalah sebuah investasi yang penting untuk memberikan siswa keterampilan, kemampuan dan kualitas diri dalam menghadapi dunia global tanpa meninggalkan identitas diri ataupun identitas bangsa. 

Menurut Nafia Wafiqni dan Siti Nurani (2018) Pendidikan berkualitas adalah pendidikan yang mampu mengangkat nilai-nilai kearifan lokal yang dapat membantu siswa dalam proses pengembangan diri guna memperkuat identitas dan jati diri kebangsaan yang telah dimilikinya

Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam inovasi pembelajaran berkearifan lokal adalah dengan menggunakan media ramah lingkungan. Media ramah lingkungan dirasa mampu membantu peserta didik dan guru dalam proses pembelajaran. Media juga merupakan salah satu sumber pendukung yang cukup besar kontribusinya dalam pelaksanaan pembelajaran, tetapi terdapat beberapa guru yang hanya menggunakan buku sebagai satu-satunya sumber belajar bagi siswa. 

Selain itu juga, pengggunaan media ramah lingkungan dan model pembelajaran yang tepat dan efektif merupakan salah satu faktor ekstern yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan keefektivan belajar mengajar. Media juga merupakan faktor yang perlu diperhatikan dalam menunjang kegiatan belajar. Selain itu, Pemilihan media dan sumber belajar merupakan hal yang perlu dipertimbangkan salah satunya yaitu biaya dan ketersediaan sumber setempat

Pembuatan media pembelajaran menggunakan bahan ramah lingkungan akan meminimalisir pengeluaran biaya, karena sebagian besar bahannya diperoleh dari barang bekas. Selain itu, mampu meningkatkan kreativitas siswa. karena siswa lebih termotivasi untuk belajar dan mengenal hal baru yang terkait dengan penggunakan bahan ramah lingkungan

Dengan demikian guru diharapkan dapat menerapkan pembelajaran berbasis pembelajaran berkearifan lokal melalui media ramah lingkungan pada peserta didik. Guru juga perlu menambah wawasan tentang kearifan lokal yang dimiliki oleh daerahnya bias melalui media pembelajaran yang dibuat dari bahan-bahan yang ramh lingkungan, sehingga pembelajaran akan lebih menarik dan inovatif. Pembelajaran yang demikian akan dapat mendorong minat siswa untuk mencintai budaya mereka

VIDEO PILIHAN