Mohon tunggu...
puji destiani
puji destiani Mohon Tunggu... Guru - Guru

Memasak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Inilah Keseruan Kampus Mengajar 3 di SD Negeri 3 Kedungwringin

15 Juni 2022   18:58 Diperbarui: 15 Juni 2022   19:05 238 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program kampus mengajar merupakan salah satu program yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menciptakan pengalaman baru di luar kelas perkuliahan. selain itu program Kampus Mengajar juga memiliki tujuan untuk membantu dalam bidang pendidikan tepatnya untuk Sekolah dasar dan Menengah dalam meningkatkan literasi, numerasi dan adaptasi tekonologi. salah satu tim kampus mengajar yang di tempatkan di SD Negeri 3 Kedungwringin telah melaksanakan rangkaian kegiatan untuk mencapai tujuan tersebut, di antaranya adalah pembelajaran yang sesuai kebutuhan siswa, pembuatan pojok baca, workshop teknologi dan classmeating.

Tim kampus mengajar di SD Negeri 3 Kedungwringin ini yang di dampingi oleh Pak Ridwan Arifin, SH, LLM. dengan 5 mahasiswa; Puji Destiani dari Universitas Muhammadiyah Magelang, Aan Desta Riani dari Universitas Jendral Soedirman, Nabila Eka Septiana dari Universitas Negeri Yogyakarta, Dinna Rosdiana dari Universitas Negeri Surakarta, dan Ahmad Fauzi dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto. disini kami melakukan berbagai kegiatan yang menarik untuk siswa.

Kegiatan tersebut meningkatkan kreatifitas, rasa percaya diri, kerjasama, dll pada siswa. Pada kegiatan pojok baca, siswa membaca buku di dalam kelas. karena kurangnya fasilitas ruangan sehingga buku-buku tersusun di rak dalam kelas. siswa sangat antusias dengan berbagai macam buku cerita atau pun dongeng yang ada. 

Adaptasi teknologi yang dilakukan oleh mahasiswa kampus mengajar 3 yaitu dengan pengenalan ms. word dan canva. ms. word diikuti oleh siswa kelas 4 sampai 6, kegiatan ini dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan. pengenalan disini memuat tentang cara mengetik, mengunggah foto/video, mengedit kertas, dll. sedangkan untuk adaptasi teknologi canva, mahasiswa kampus mengajar 3 mengenalkannya pada guru kelas. kegunaan dengan pengenalan ini yaitu agar guru bisa membuat pamflet, poster, banner yang khususnya berkaitan dengan sekolah, seperti; pembuatan poster PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru), banner untuk sedang di adakan PTS/PAS/Ujian Sekolah.

Kegiatan classmeating ini dilakukan seminggu full. setiap harinya dilakukan berbagai lomba dari balap karung, makan kerupuk, estafet air, memasukan pensil, dll. pada hari terakhir yaitu hari sabtu dilaksakan jalan sehat dan pembagian hadiah lomba dan doorprize. doorprize ini di ikuti oleh seluruh pihak yang berada pada sekolah. doorprize utama yaitu uang senilai Rp. 200.000,- dan celengan.

Pada akhir kegiatan kampus mengajar di SD Negeri 3 Kedungwringin kami melakukan perpisahan kepada para seluruh siswa, kami berharap dengan kami melaksanakan program ini dapat berdampak pada siswa. salah satunya meningkatnya literasi, numerasi dan teknologi pada sekolah.

"Setiap hidup adalah cerita. Terimakasih telah menjadi bagian dari cerita kami. SALAM HANGAT KAMPUS MENGAJAR 3 SD NEGERI 3 KEDUNGWRINGIN"

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan