Mohon tunggu...
Puja Sukmawati
Puja Sukmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa UNS

Selamat Datang!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pengembangan Literasi dengan Media Buku Saku di Era Pandemi

10 Juli 2020   14:34 Diperbarui: 10 Juli 2020   14:42 9 2 0 Mohon Tunggu...

SOLO- Puja Sukmawati mahasiswi UNS asal kota Solo ini telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Karena adanya pandemi ini yang mengharuskan kita sosial distancing, UNS membentuk program KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19. KKN ini dijalankan secara individu dan hanya dibatasi dalam lingkup wilayah tempat tinggalnya, serta dilakukan secara daring. Kalaupun kegiatan tidak bisa dilakukan daring, kegiatan dalam luar rumah harus mematuhi protokol kesehatan.

Sejalan dengan tema yang di ambil, yaitu tema besar pendidikan. Dalam rangka untuk mengembangkan literasi anak-anak khususnya pada usia sekolah dasar, salah satu program kerja yang ia jalankan yaitu pengembangan literasi anak usia sekolah dasar. Lokasi kegiatan ini di Sidodadi RT 07/RW 01, Pajang, Laweyan, Surakarta. Kegiatan ini sangat didukung dan diapresiasi oleh ketua RT setempat, karena masih kurangnya literasi anak usia sekolah dasar di wilayah RT.

Kegiatan ini dilakukan 2 tahap, untuk buku yang pertama dengan materi menulis puisi dilakukan secara daring. Dari bimbingan, pengerjaan, dan pengiriman hasil karya dikirimkan lewat grup Whatsapp yang telah dibuat. Buku yang kedua dengan materi membaca puisi dilakukan secara tatap muka di rumah ketua RT 07, karena saat itu sudah memasuki era New Normal. Walaupun sudah dilakukan secara tatap muka, masih memerhatikan dan menjalankan sesuai dengan protokol kesehatan.

Program pengembangan literasi ini menggunakan media buku saku bergambar, di mana dalam buku saku tersebut berisi materi yang dibentuk menjadi percakapan. Terdapat 2 karakter, di mana karakter pertama sebagai penanya dan karakter kedua sebagai narasumber yang menjawab pertanyaan. Hal ini bertujuan agar menarik anak usia sekolah dasar untuk membaca buku saku tersebut. Hasilnya anak-anak yang ikut berpasrtisipasi menjadi lebih bersemangat dan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

VIDEO PILIHAN