Mohon tunggu...
Puteri
Puteri Mohon Tunggu... Insinyur - PENULIS

Menulis berita, jurnal, dan sebagainya yang berkaitan dengan pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Pondok Ramadhan SDN Kebundadap Timur I Tahun 2024: Berbagi Kebaikan dan Kepedulian

3 April 2024   13:00 Diperbarui: 3 April 2024   13:01 596
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saronggi, 3 April 2024 - Pondok Ramadhan tahun 2024 di SDN Kebundadap Timur I sukses menyatukan siswa-siswi dan wali murid serta para guru dalam serangkaian kegiatan islami yang bemakna. Mulai dari tanggal 1 hingga 3 April, rangkaian acara yang beragam berhasil mengukuhkan solidaritas di antara seluruh warga sekolah. 

dok. pri
dok. pri

Pada tanggal 1 April, kegiatan Pondok Ramadhan dibuka dengan ceramah agama yang mengangkat tema "Pentingnya Akhlak dalam Kehidupan Sehari-hari", yang disampaikan dengan penuh kearifan oleh Ustadzah Nasilah Inayati, atau yang akrab disapa Neng Sisil. Ceramah ini mengajak siswa-siswi untuk merenungkan nilai-nilai akhlak yang harus diperhatikan dalam berbagai situasi kehidupan. Tema ceramah yang relevan dengan tantangan kehidupan modern memikat hati para siswa, yang dengan antusias mengikuti dan bertanya tentang penerapan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari. 

dok. pri
dok. pri

Kemudian, pada tanggal 2 April, rangkaian acara Pondok Ramadhan mencakup kegiatan yang meliputi shalat Dhuha bersama, tadarus Al-Qur'an, bagi-bagi takjil yang diselenggarakan di perempatan Wisata Mangrove Kebundadap Timur, dan buka puasa bersama di halaman sekolah. Dalam semangat kebersamaan, para siswa dan guru aktif berpartisipasi. 

Kegiatan sosial dalam bentuk bagi-bagi takjil di perempatan Wisata Mangrove Kebundadap Timur juga menjadi sorotan utama. Dengan penuh keikhlasan, seluruh warga sekolah terlibat dalam menyebarkan kebaikan kepada masyarakat sekitar. "Kami berbagi kebaikan bukan hanya sebagai ibadah, tetapi juga untuk memberikan contoh kepada siswa tentang nilai-nilai kebaikan dan kedermawanan kepada sesama," ujar Bapak Ahmat Zaini, Kepala SDN Kebundadap Timur I.

Namun, momen paling haru terjadi saat buka puasa bersama, karena sekaligus menjadi saat untuk mengucapkan perpisahan kepada Ibu Sovi Mariyana, guru yang telah memberikan kontribusi besar dalam kemajuan sekolah. Ibu Sovi Mariyana ditugaskan sebagai kepala sekolah di SDN Pakandangan Barat II, Kecamatan Bluto. Kepedulian dan dedikasinya selama ini sangat diapresiasi oleh seluruh warga sekolah. 

Saat momen perpisahan, suasana haru terpancar dari wajah para siswa dan guru. "Ibu Sovi Mariyana bukan hanya seorang guru, tetapi teladan bagi kami semua. Selama bertahun-tahun, beliau telah memberikan sumbangsih yang tak terhingga bagi kemajuan sekolah ini," ungkap Bapak Kepala Sekolah dalam sambutannya.

dok. pri
dok. pri
Ibu Sovi Mariyana juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerjasama yang telah diberikan selama ini. "Saya sangat bersyukur dan bangga telah menjadi bagian dari keluarga besar SDN Kebundadap Timur I. Saya percaya pengalaman dan pembelajaran yang saya peroleh sebagai guru di sekolah ini akan menjadi bekal berharga dalam menjalankan tugas baru di sekolah yang baru, SDN Pakandangan Barat II. Terimakasih atas segala kenangan indah yang telah kita jalani bersama," ujarnya dengan suara terharu.

dok. pri
dok. pri
Pada hari terakhir, tanggal 3 April, Pondok Ramadhan kembali dimeriahkan dengan ceramah agama yang disampaikan Ustadz Nuril Mahfud dari MWC NU Kecamatan Saronggi. Ceramah ini memberikan wawasan keislaman yang mendalam serta mengajak siswa untuk mendalami ajaran agama Islam. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun