Mohon tunggu...
Priska Septina Riantiningrum
Priska Septina Riantiningrum Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang Mahasiswa

Tertarik dengan kegiatan MC

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Mahasiswa UM Galangkan Gerakan Menabung Sejak Dini

26 Desember 2021   18:49 Diperbarui: 26 Desember 2021   18:52 107 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Literasi keuangan dirasa sangat penting dewasa ini, karena literasi keuangan menjadi kebutuhan dasar setiap orang agar terhindar dari masalah keuangan. Literasi keuangan berhubungan erat dengan manajemen keuangan secara individu. Saat ini literasi keuangan di Indonesia dirasa sangat rendah, terbukti dengan dilakukannya survei nasional literasi keuangan pada 8.000 responden, diketahui bahwa hanya 21,84% penduduk Indonesia yang tergolong well literate, termasuk juga manfaat risiko serta hak dan kewajibannya. Sementara sisanya sufficient literate 75,69%, less literate 2,06%, dan not literate 0,41% (Otoritas Jasa Keuangan). Rendahnya literasi keuangan di Indonesia juga menjadi salah satu pemicu rendahnya tingkat kesejahteraan keuangan di Indonesia, menurut (Beritasatu.com) Indonesia menempati ranking ke-126 di dunia, rendahnya tingkat kesejahteraan penduduk di Indonesia, ditunjukan dengan fakta bahwa jumlah penduduk miskin masih tinggi, yaitu sebanyak 28,55 juta atau 14%.

Tim KKN UM turut hadir memberikan kemungkinan solusi terbaik yang dapat diajarkan untuk murid-murid SDN Mergosono 05 khususnya kelas lima. Tim KKN UM menyarankan tindakan gemar menabung ini dimulai sejak dini dengan melakukan sosialisasi keuangan dan membuat celengan berbahan dasar botol bekas, diharapkan dapat meningkatkan minat literasi keuangan pada anak-anak.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

Kegiatan ini, dilakukan dalam kurun waktu sehari yaitu pada tanggal 9 Desember 2021 untuk membuat celengan dari botol bekas. Pengajaran literasi keuangan dimulai dengan mengenalkan pentingnya menabung sejak dini dan dilanjutkan dengan membuat celengan dari botol minuman bekas.  

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan