Mohon tunggu...
Priscilla EnggitDewantari
Priscilla EnggitDewantari Mohon Tunggu... Mahasiswa S1 Perencanaan Wilayah dan Kota - Universitas Jember

191910501057

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Dampak Kemiskinan

23 Oktober 2019   07:33 Diperbarui: 23 Oktober 2019   07:40 0 0 0 Mohon Tunggu...

Menurut Wikipedia, kemiskinan adalah keadaan di mana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan merupakan hal yang umumnya terjadi di suatu negara. Kemiskinan selalu menjadi fokus dan  topik yang menarik bagi pemerintah atau masyarakat untuk ditangani. Tak asing bagi suatu negara, terutama negara berkembang, umumnya memiliki faktor kemiskinan. Isu-isu mengenai kemiskinan merupakan fokus pembangunan di setiap negara di dunia.

World Bank (2002) mengkategorikan karakteristik penduduk miskin menurut komunitas, wilayah, rumah tangga, dan individu. Pada faktor komunitas, infrastruktur merupakan faktor yang menentukan kasus utama kemiskinan.

Menurut Badan Pusat Statistik atau BPS yang merilis angka kemiskinan setiap 6 bulan sekali, bahwa 9,8% dari populasi Bangsa Indonesia hidup di bawah garis kemiskinan nasional pada 2018. 

Jumlah penduduk Indonesia yang miskin pada bulan Maret 2019 sebesar 25,14 juta orang, dan menurun 0,53 juta orang terhadap bulan September tahun 2018 dan menurun 0,80 juta orang terhadap bulan Maret 2018. Juga penduduk dikatakan atau dikategorikan penduduk miskin apabila memiliki penghasilan per bulan di bawah 425.250 ribu per individu.

Sementara jika dilihat dari sebaran provinsi, Papua menduduki provinsi dengan tingkat kemiskinan paling tinggi di Indonesia, yaitu berjumlah 27,53 % dan DKI Jakarta menjadi provinsi dengan tingkat kemiskinan terendah yakni 3,47 % .

Terlihat perbandingan tingkat kemiskinan yang sangat signifikan di antara wilayah tengah Indonesia dan daerah timur Indonesia.

Dan menjadi tantangan bagi pemerintah untuk memeratakan kesejahteraan masyarakat dengan menurunkan tingkat kemiskinan di wilayah timur Indonesia.

Menjadi rahasia umum di seluruh dunia bahwa Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan kekayaan sumber daya alamnya, mulai dari tanah yang subur, pantai dan gunung yang indah, dll.

Namun mengapakah banyak masyarakat Indonesia yang masih dikategorikan miskin?

Dengan kekayaan sumber daya alam dan sumber daya manusia, seharusnya hal kemiskinan dapat ditanggulangi, meski penanggulangannya tidak mudah.

Pentingnya memiliki sumber daya manusia yang berkualitas di Indonesia, karena siapa lagi yang akan mengelola dan memanfaatkan dengan semaksimal mungkin sumber daya alam yang ada di Indonesia, jika bukan masyarakat Indonesia sendiri?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2