Mohon tunggu...
Pringadi Abdi Surya
Pringadi Abdi Surya Mohon Tunggu... Pejalan kreatif

Lahir di Palembang. Menulis puisi, cerpen, dan novel. Instagram @pringadisurya. Catatan pribadi http://catatanpringadi.com Instagramnya @pringadisurya dan Twitter @pringadi_as

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Misteri Jatah Liga Eropa Buat Klub Inggris

23 Mei 2021   22:26 Diperbarui: 23 Mei 2021   22:51 253 10 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Misteri Jatah Liga Eropa Buat Klub Inggris
Arsenal. Sumber: Tempo

Liga Inggris memasuki pekan terakhir. Memang, Manchester City sudah dinobatkan menjadi juara. Namun, pekan terakhir ini tetap menarik. Sebab, di pekan terakhir inilah akan terjawab siapa-siapa saja yang mendapat jatah Liga Eropa.

Untuk Liga Champion, Manchester United sudah pasti mendampingi tetangga sekotanya. Dua jatah lainnya diperebutkan oleh tiga klub, Chelsea, Liverpool, dan Leicester City. Chelsea hanya unggul 1 poin dari dua tim lainnya. Kemenangan 2-1 atas Leicester City di pekan sebelumnya membuat Chelsea di atas kertas diramalkan tetap di posisi ketiga karena hanya akan berhadapan dengan Aston Villa di laga pamungkas. Sedangkan Liverpool dipercaya juga akan meraih kemenangan melawan Crystal Palace. Leicester City sendiri diprediksi akan kesulitan menghadapi Tottenham.

Jatah Liga Eropa menjadi bola panas bagi klub-klub Inggris musim ini. West Ham, Tottenham, Everton, dan Arsenal masih berpeluang mendapatkan jatah tersebut.

Normalnya, Inggris mendapatkan tiga tempat di Liga Eropa. Jatah pertama diberikan kepada peringkat ke-5. Jatah kedua diperuntukkan bagi pemenang Piala FA. Jatah terakhir dikasihkan kepada pemenang Carabao Cup.

Nah, musim ini, pemenang Carabao Cup adalah Manchester City yang sudah pasti melanggeng ke Liga Champion. Karena itu, jatah tersebut diberikan kepada peringkat ke-6 klasemen akhir.

Sementara itu, juara piala FA adalah Leicester City. Apabila Leicester City di luar dugaan berhasil bertengger di 4 besar, maka jatah itu akan diberikan kepada klub di peringkat ke-6 klasemen akhir. Peringkat 7 pun mendapatkan jatah (sebagai pengganti City yang menjuarai Carabao Cup) namun harus melewati babak kualifikasi.

Lalu bagaimana peluangnya?

West Ham di atas kertas sudah pasti akan mendapatkan 1 jatah. Poinnya 62, kini duduk di peringkat ke-6 di bawah Leicester City, dan unggul 3 poin atas peringkat ke-7, Tottenham Hotspur. Satu poin tidak sulit didapatkan di laga terakhir melawan Southampton. Poin akhir: 63.

Tottenham akan menghadapi tantangan berat dari Leicester City. Saya pribadi tetap menjagokan 3 poin bagi Leicester. Mereka pasti akan sangat berjuang untuk mengamankan satu tempat di Liga Champion, ketimbang harus tampil di Liga Malam Jumat. Poin akhir: 59.

Sementara itu, Everton menghadapi sang juara. Ancelotti akan berpusing ria menghadapi permainan indah City. Tapi Everton akan berjuang sekuat tenaga dan mengingat City tak akan ngotot lagi, pertandingan ini sepertinya akan berakhir imbang. Poin akhir: 60.

Di lain sisi, Arsenal yang angin-anginan akan menghadapi Brighton. Biasanya, klub ini akan tampil habis-habisan demi satu jatah lagi Eropa. Lawannya seharusnya tak begitu sulit pula. Tiga poin buat Arsenal. Poin akhir: 61.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x