Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Rahasia Kucing Bisa Menemukan Jalan Pulang Meski Sudah Dibuang

26 September 2021   07:48 Diperbarui: 26 September 2021   07:52 216 7 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Rahasia Kucing Bisa Menemukan Jalan Pulang Meski Sudah Dibuang
Berkat organ khusus yang mengandung neuron sensorik, kucing bisa menemukan jalan pulang meski sudah dibuang ke tempat lain (dok.pri)

Mungkin ini terlihat aneh, tapi nyatanya memang demikian. Pernah mendengar ada kucing yang bisa kembali pulang meski sudah dibuang ke tempat yang jauh?

Atau kucing yang kembali pulang setelah beberapa tahun lamanya dia menghilang.

Aku pernah tiga kali memindahkan kucing liar, dan ketiganya ternyata balik lagi ke lingkungan sekitar rumahku. Padahal ketiga kucing liar ini kupindahkan ke tempat yang cukup jauh. Yah, jaraknya sekitar 2-4 kilometer dari rumah.  Beberapa kali kucing peliharaanku juga pernah menghilang beberapa hari, namun akhirnya kembali pulang ke rumah.

Kasus ini bukan perkara metafisika atau takhayul, melainkan ada penyebab ilmiahnya. Banyak kucing bisa menemukan jalan pulang ke lingkungan yang sudah dikenalnya berkat indra penciuman mereka yang sangat sensitif. 

Indra Penciuman Kucing Lebih Baik daripada Anjing

Orang mengira anjing memiliki indra penciuman yang sangat tajam. Bahkan anjing digunakan aparat kepolisian untuk mengendus dan melacak orang hilang hingga obat-obatan terlarang. 

Faktanya, dengan 200 juta sel pendeteksi bau, kebanyakan orang akan terkejut mengetahui bahwa kucing sebenarnya memiliki indra penciuman yang lebih baik daripada anjingMenurut para ahli, tajamnya indra penciuman kucing berkat adanya organ khusus yang disebut organ vomeronasal.  Organ ini berada di atap mulut dan mengandung neuron sensorik, yang membantu mendeteksi informasi dari lingkungan dan mengirimkannya ke otak.

Kucing terutama menggunakan indra penciumannya untuk berkomunikasi dengan kucing lain. Mungkin kamu pernah melihat sesama kucing saling mengendus dan membaui. Itu adalah cara mereka untuk memperkenalkan diri. Kucing menggunakan feromon dan kelenjar aroma di berbagai lokasi tubuhnya sebagai tanda pengenal diri. Jadi, salah apabila kamu mengira kucing berkenalan dengan sesama kucing dengan cara mengeong atau bentuk komunikasi verbal lainnya.

Selain untuk berkomunikasi dengan sesama, kucing menggunakan indra penciumannya untuk menemukan serta menangkap mangsa. Kucing juga menggunakan indra penciumannya saat menyelidiki dan mempertahankan wilayahnya.Hampir sama seperti anjing, kucing menggunakan urin dan fesesnya untuk menandai wilayah mereka.

Kucing akan berkeliaran dan memberi tanda di beberapa tempat untuk memperingatkan kucing lain agar tidak keluar dari ruangnya. Saat berjalan-jalan di wilayahnya, kucing akan menggunakan hidungnya untuk mengidentifikasi apakah ada kucing lain yang memasuki teritori mereka.

Rahasia Kucing Menemukan Jalan Pulang Menggunakan Indra Penciuman

Lalu, bagaimana cara kucing menemukan jalan pulang saat ia dipindahkan ke tempat yang jauh?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan