Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Bukan Pamer Sumbangan, tapi Berlomba dalam Kebaikan

4 Agustus 2021   07:48 Diperbarui: 4 Agustus 2021   08:23 115 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bukan Pamer Sumbangan, tapi Berlomba dalam Kebaikan
Kita tidak bisa menilai niat seseorang ketika mereka melakukan kebaikan. Mungkin saja mereka mengajak kita berlomba dalam kebaikan (unsplash.com)

Saat itu menjelang Perang Tabuk, Kerajaan Romawi sedang membangun kekuatan dan mengancam umat Islam. Rasulullah Saw yang menyadari ancaman tersebut meminta kaum muslim menyiapkan diri, baik harta maupun jiwa.

Nabi Saw kemudian meminta umat Islam di Madinah untuk berinfak dalam rangka mempersiapkan pasukan yang akan berperang melawan Romawi. Segenap kaum muslim menyambut ajakan ini dengan antusias. Namun tidak ada yang lebih antusias dibandingkan Umar bin Khattab.

Kebetulan ketika itu Umar punya kelebihan harta. Begitu mendengar Rasulullah Saw meminta kaum muslimin berinfak di jalan Allah, hati Umar langsung berikrar, "Berkali-kali Abu Bakar melampauiku dengan sedekahnya. Kali ini, dengan karunia Allah yang memberi kelebihan harta kekayaan, aku akan melebihi sedekahnya Abu Bakar."

Umar bergegas pulang ke rumah dan mengumpulkan semua harta yang dimilikinya. Umar kemudian membagi harta itu menjadi dua bagian: satu bagian ditinggalkan untuk menghidupi keluarganya, dan satu bagian lagi dibawanya untuk disedekahkan kepada Nabi Muhammad Saw.

Ketika Rasulullah Saw melihat Umar bin Khattab membawa harta yang begitu banyak, beliau bertanya, "Apakah kamu memikirkan anak keturunanmu yang datang kemudian, wahai Umar?"

Umar menjawab, "Aku menyisihkan setengah dari harta kekayaanku untuk mereka."

Tanpa diketahui Umar, ternyata Abu Bakar sudah menyedekahkan hartanya. Jika Umar membagi dua hartanya dan separuh bagian diinfakkan di jalan Allah, maka Abu Bakar menyerahkan seluruh hartanya.

Hingga Rasulullah pun menegur Abu Bakar dan bertanya,

"Apa yang engkau tinggalkan untuk keluargamu?"

Abu Bakar menjawab, "Yang akan mencukupi keluargaku adalah Allah dan Rasul-Nya."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan