Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

3 Manfaat Luar Biasa Saat Kita Bersepeda

26 Juni 2020   23:38 Diperbarui: 28 Juni 2020   06:53 437 16 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 Manfaat Luar Biasa Saat Kita Bersepeda
Jangan bersepeda hanya karena tren saja, tapi rasakan sendiri manfaatnya yang luar biasa (dokpri)

Mendadak, jalan-jalan di kota penuh dengan orang-orang yang bersepeda. Toko-toko yang menjual sepeda dan aksesorisnya diserbu pembeli. Beberapa ruang publik, yang selama pandemi Covid-19 ditutup, kini mulai ramai dijejali pesepeda.

Tren Bersepeda di Tengah Pandemi

Ada apa ini? Mengapa tren bersepeda menjadi ramai? Padahal, sejak dulu hingga kini bersepeda rasanya sama saja.

Mungkin, apa yang dikatakan kakak saya ini dapat mewakili jawaban para pesepeda yang baru muncul ini.

"Orang-orang mulai bosan di rumah terus. Mereka butuh hiburan. Butuh sarana untuk melarikan diri dari berita-berita tentang jumlah kasus positif Covid-19 yang terus diulang-ulang. Dan, selama tempat-tempat liburan belum dibuka, perjalanan jarak jauh mahal karena harus menyiapkan segala macam surat bebas Covid-19, maka bersepeda jadi satu-satunya alternatif rekreasi."

Lho, bukan untuk berolahraga?

"Ya mungkin ada yang tujuannya berolahraga. Tapi sebagian besar mereka yang bersepeda selama pandemi Covid-19 ini adalah untuk mencari hiburan, liburan tipis-tipis daripada hanya berdiam diri di rumah."

Ada benarnya juga. Bersepeda, dengan tujuan untuk hiburan adalah latihan penghilang stres yang ringan, yang menurut banyak ilmuwan baik untuk imunitas tubuh, hal yang paling penting untuk dijaga selama pandemi Covid-19.

Dari sisi protokol kesehatan Covid-19, bersepeda juga memungkinkan kita menghindari transportasi publik yang ramai, menyentuh permukaan publik lebih sedikit, dan mendapatkan asupan udara segar yang sangat membantu kita mengatasi stres tingkat tinggi yang tidak diketahui kapan datangnya selama pandemi.

3 Manfaat Luar Biasa Saat Kita Bersepeda

Terlepas dari tren bersepeda di tengah pandemi dan selama masa normal baru ini, setidaknya ada 3 manfaat luar biasa yang bisa kita dapatkan saat bersepeda, yakni:

1. Bersepeda Untuk Melatih Kecerdasan Emosi

Bagi saya, bersepeda tidak hanya sekedar untuk olahraga atau rekreasi, melainkan juga dapat melatih kecerdasan emosi (Emotional Quotation). Saat bersepeda di tengah keramaian lalu lintas, saya harus dapat mengendalikan emosi dan menahan sabar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x