Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

11 Kutipan Kata Bijak yang Dapat Memotivasi Dirimu Selama Pandemi

2 Juni 2020   22:04 Diperbarui: 2 Juni 2020   22:01 1348 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
11 Kutipan Kata Bijak yang Dapat Memotivasi Dirimu Selama Pandemi
Membaca dan merenungi kata-kata bijak dapat membangkitkan motivasi intrinsik (internal) kita (ilustrasi diolah dari Canva)

Kata-kata bijak dari para pemikir, ilmuwan, dan tokoh-tokoh di dunia tidak akan lekang oleh waktu, meskipun dunia terus berubah setiap hari. Aku senang mengumpulkan dan membaca berbagai kutipan kata bijak karena menurutku kebijaksanaan yang disampaikan para tokoh dunia ini dapat membangkitkan semangat untuk terus melakukan sesuatu yang bermanfaat, baik untuk diriku sendiri maupun untuk orang lain.

Selain itu, membaca dan merenungi kata-kata bijak dapat membangkitkan motivasi intrinsik (internal) kita. Saat kita termotivasi secara intrinsik, kita tergerak untuk bertindak berdasarkan kepuasan atau tantangan yang disyaratkan alih-alih karena tekanan, atau penghargaan dari orang lain. Ini, sangat baik bagi kesehatan mental kita selama masa-masa sulit akibat pandemi.

11 Kutipan Kata Bijak yang Dapat Memotivasi Diri

Berikut kupilihkan 11 kutipan kata-kata bijak yang akan membuatmu termotivasi dan, semoga bisa membantumu melalui masa-masa sulit sekarang ini:

1. "Kita terkadang berpikir bahwa kemiskinan hanya berupa kelaparan, telanjang dan tanpa rumah. Kemiskinan karena tidak diinginkan, tidak dicintai, dan tidak dipedulikan adalah kemiskinan terbesar." - Bunda Theresa

Saat pandemi, banyak orang mendadak jatuh miskin karena kehilangan pekerjaan hingga tak sanggup membayar biaya rumah kontrakan. Tapi selama masih ada yang peduli dan mencintai dirinya, itu bukan masalah terbesar. Justru, sekalipun harta kita banyak dan melimpah ruah, tapi tidak ada seorangpun yang memedulikan kita, tak ada yang mau mencintai kita, itulah bentuk kemiskinan yang sebenarnya.

2. "Hidup ini sangat sederhana, tetapi kita bersikeras membuatnya rumit." -- Konfusius

Ya, sebenarnya hidup ini sangat sederhana, tetapi media sosial membuatnya rumit. Hidup kita jadi rumit karena kita kerap membandingkan diri dengan orang lain dari apa yang mereka tampakkan di media sosial.

3. "Jika Anda tidak menyukai sesuatu, ubahlah. Jika Anda tidak bisa mengubahnya, ubah cara Anda berpikir tentang hal itu. "- Mary Engelbreit

Bagaimana kita berpikir menentukan bagaimana kita menangani stres. Kalau kita bisa menangani stres dengan baik, semakin sehat pula jiwa dan raga kita. Jadi, itu yang terpenting.

4. "Tuhan, berilah aku ketenangan untuk menerima hal-hal yang tidak dapat saya ubah, keberanian untuk mengubah hal-hal yang saya bisa, dan kebijaksanaan untuk mengetahui perbedaannya." - Reinhold Niebuhr

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN