Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | himam.id | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Bagaimana Cara Membuang Kasur yang Sudah Tidak Terpakai?

26 Februari 2020   21:40 Diperbarui: 27 Februari 2020   04:01 4574 22 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Cara Membuang Kasur yang Sudah Tidak Terpakai?
Tim UPK Badan Kali Jakarta Barat mengangkat sampah kasur di Kali Grogol, Jakarta Barat (dokumentasi Tim UPK Badan Kali Jakbar melalui kompas.com)

Ketika pindah rumah beberapa waktu yang lalu, saya menghadapi situasi yang sangat pelik. Di rumah, ada satu kasur/spring bed yang tidak terpakai. Kondisinya masih lumayan bagus, cuma ada satu kekurangannya: terlalu banyak kutu busuk!

Tentu saja saya tidak mau susah payah membawanya ke rumah yang baru. Risikonya cukup besar. Bisa-bisa semua kasur, bantal, guling hingga sofa dihinggapi kutu busuk dari kasur lama tersebut.

Lagipula, di tempat yang baru sudah penuh dengan perabot. Tak ada ruang lagi untuk kasur tersebut.

Istri saya lalu menyarankan agar kasur itu dihibahkan saja pada tetangga. Tapi, sulit juga mencari tetangga yang mau menerima hibah kasur. Soalnya semua tetangga kiri kanan sudah punya kasur di kamar rumah mereka.

Ada satu tetangga yang tertarik, namun ketika melihat kondisi spring bed yang penuh kutu busuk, tetangga itu akhirnya mundur dan menolak pemberian kami.

Maka, satu-satunya solusi adalah dengan membuangnya. Tapi bagaimana caranya?

Kasur bukan barang kecil yang bisa dengan mudahnya kita buang begitu saja. Kasur juga bukan sampah rumah tangga yang bisa kita titipkan pada petugas pengambil sampah.

Apalagi kasurnya jenis spring bed. Jika kasur busa atau kasur kapuk, mungkin beberapa orang bisa membuangnya ke sungai. Pernah kan melihat foto sungai penuh sampah dan ada sampah kasur busa di dalamnya?

Tentu saja saya tidak bisa seperti itu. Pertama karena malu. Kedua, membuang sampah kecil sembarangan saja bisa kena tindak pidana ringan, apalagi sampah sebesar kasur spring bed.

Dan ketiga, saya masih punya kepedulian lingkungan. Membuang sampah sebesar kasur spring bed di sungai sudah tentu akan menghambat aliran sungai. Ujung-ujungnya banjir akan melanda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN