Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | himam.id | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Layakkah Enzo Allie Dipecat dari Taruna Akademi Militer TNI?

7 Agustus 2019   21:02 Diperbarui: 8 Agustus 2019   04:15 0 36 16 Mohon Tunggu...
Layakkah Enzo Allie Dipecat dari Taruna Akademi Militer TNI?
Enzo Zenz Allie saat mengikuti seleksi masuk taruna TNI.(Dok. SMA Al Bayan melalui Kompas.com)

Enzo Zenz Allie, pemuda blasteran Prancis dan Sumatera ini mendadak viral. Berawal dari postingan akun Salman Farisi di Facebook, Enzo Allie disebut sebagai Taruna Akademi Militer yang bersimpati dengan ideologi khilafah dan organisasi yang sudah dinyatakan terlarang, Hizbut Tahrir Indonesia.

Dugaan ini muncul setelah akun Salman Faris mencari tahu sosok Enzo lewat akun media sosial taruna Akmil itu.

"Penasaran dengan sosok Enzo Ellie. Remaja blasteran Indonesia-Prancis yang viral karena lolos jadi anggota TNI. Iseng nyari akun FB-nya, wah ngeri-ngeri sedap juga rupanya. Anak ini bersama ibunya yang bernama Hadiati Basjuni Ellie terindikasi kuat sebagai simpatisan HTI. Pendukung khilafah dan anti pemerintah. Kalau ayahnya sendiri yang berkebangsaan Perancis, menurut informasi telah wafat. Bukan apa-apa, sekedar kewaspadaan saja. Jangan sampai TNI memelihara anak ular," demikian tulisan unggahan Salman.

Saat ini, akun media sosial Enzo Allie dan ibunya tidak dapat diakses. Namun, berdasarkan foto-foto yang diunggah Salman Faris, saya berpendapat tuduhan tersebut tidak punya dasar bukti yang kuat.

Hanya karena ada beberapa foto Enzo Faris tengah meembawa bendera tauhid lantas tuduhan sebagai simpatisan HTI langsung menguat. Ingat, sulit membedakan mana bendera tauhid dan bendera HTI.

Sementara di akun media sosial ibunya, terlihat beberapa postingan berisi dukungan terhadap gerakan 212, dan beberapa postingan berupa "kritik pedas" kepada pemerintah. Saya tulis kritik pedas dengan tanda kutip karena persepsi "antipemerintah" seperti yang dituduhkan akun Salman Faris bisa berbeda-beda.

Foto Enzo Allie saat mengikuti patukhir Akmil di akun Facebook Hadiati Basyuni Allie (sumber foto: akun Facebook Salman Faris)
Foto Enzo Allie saat mengikuti patukhir Akmil di akun Facebook Hadiati Basyuni Allie (sumber foto: akun Facebook Salman Faris)

Menanggapi informasi viral ini, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu meminta Enzo Allie diberhentikan jika memang terbukti sebagai simpatisan HTI.

"Kalau benar saya suruh berhentiin," kata Ryamizard di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (7/8).

Ryamizard mengatakan saat ini jajaran TNI sedang melakukan pengecekan latar belakang Enzo yang memiliki darah Prancis tersebut. Mantan KSAD itu tak akan menoleransi jika Enzo benar-benar merupakan simpatisan HTI.

Pensiunan jenderal bintang empat itu menyatakan bahwa prajurit TNI yang terindikasi mendukung khilafah pun juga akan langsung dipecat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x