Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | himam.id | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

9 Keterampilan Jurnalistik yang Bermanfaat untuk "Content Marketing"

16 Juni 2019   23:33 Diperbarui: 17 Juni 2019   14:58 0 16 5 Mohon Tunggu...
9 Keterampilan Jurnalistik yang Bermanfaat untuk "Content Marketing"
ilustrasi (unsplash.com/@Campaign_Creator)

Sedikit sekali perusahaan yang memberi kesempatan pada jurnalis yang berpengalaman untuk menangani penulisan konten dan kampanye pemasaran konten mereka. Yang sering adalah, banyak perusahaan memasang iklan untuk content writer, copywriter, penulis blog, hingga Social Media Specialist untuk memenuhi kebutuhan pemasaran konten online mereka.

Padahal, seorang jurnalis, atau penulis konten yang memiliki ketrampilan jurnalistik bisa memberikan manfaat yang lebih banyak melalui pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman mereka. Keterampilan ini termasuk penulisan konten yang aktual, strategi konten marketing, dan menjaga semuanya lebih teratur.

Dalam buku "Epic Content Marketing", Joe Pulizzi menunjukkan bahwa beberapa perusahaan dengan merek terkenal dan bisnisnya paling sukses - pikirkan Coca-Cola, Proctor & Gambler, Adobe, dan beberapa perusahaan global lainnya - berkampanye seperti perusahaan media tradisional. 

Merek global ini tidak berfokus pada penjualan produk atau layanan. Mereka menceritakan kisah yang menarik dalam setiap kampanye pemasaran mereka.

Jenis konten atau iklan seperti ini setidaknya bisa diciptakan oleh penulis konten yang memiliki pengalaman sebagai jurnalis. Karena mereka punya 10 keahlian yang berguna, yang mungkin tidak dimiliki oleh penulis konten biasa/non jurnalis.

Apa saja ketrampilan jurnalistik yang bermanfaat untuk Content Marketing?

infografis dokumentasi Himam Miladi
infografis dokumentasi Himam Miladi

1. 5W 1H untuk membuat konten

Ini adalah pendidikan paling dasar yang diperoleh setiap jurnalis. 5W 1H adalah formula sederhana yang digunakan wartawan untuk mengumpulkan informasi selama meneliti sebuah fakta. Suatu keharusan ketika mengumpulkan data atau mewawancarai seseorang.

Ketika kita menerapkan rumus 5W1H ini saat riset untuk menulis konten, kita akan memiliki semua bahan yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah - dua elemen utama untuk kampanye pemasaran konten. 

Agar konten online yang kita buat berhasil, setiap bagian - apakah itu blog, halaman layanan, infografis atau video - harus mencoba menjawab semua enam pertanyaan: siapa, apa, di mana, mengapa, kapan dan bagaimana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5