Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya

Mudahnya Berbagi Rezeki Lebaran dengan Transfer yang Dibikin Simpel oleh QRku

22 Mei 2019   01:45 Diperbarui: 22 Mei 2019   02:56 51 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mudahnya Berbagi Rezeki Lebaran dengan Transfer yang Dibikin Simpel oleh QRku
ilustrasi (dokumentasi Himam Miladi)

Jika dianalogikan dengan internet, nomor rekening kita di bank itu seperti alamat internet protokol (IP Address). Sebuah deret angka yang unik dan identik. Yang jangankan kita menghafal, mengetiknya pun seringkali salah.

Untunglah di internet ada sistem penamaan domain. Dengan demikian, kita tidak perlu bingung menghafal dan mengetik deretan angka hanya untuk browsing ke website tertentu. Cukup dengan mengetik nama domainnya saja, kita sudah bisa meluncur ke alamat website yang kita inginkan.

Bagaimana dengan nomor rekening bank? Adakah sistem atau cara yang bisa memudahkan kita dalam bertransaksi khususnya transfer dana tanpa harus ribet menghafal dan mengetik kombinasi nomornya?

Selama ini, kita memang bisa menyimpan nomor rekening dengan nama-nama sesuai pemilik rekeningnya. Tapi, tetap saja saat hendak melakukan transfer, kita masih harus mengetikkan deretan angka dari nomor rekening tersebut. Risiko salah ketik nomor rekening tetap tak terhindarkan.

Beruntunglah buat kamu yang punya rekening Bank BCA. Dengan memasang aplikasi BCA Mobile atau Sakuku di smartphone, kamu bisa transfer dana tanpa harus menghafal atau mengetik nomor rekening. Cukup memindai nomor rekening tujuan dengan fitur QR yang sudah ada dalam aplikasi tersebut.

QR Code atau Kode QR (Quick Response) adalah barcode/kode batang dua dimensi yang dapat menyimpan data. Jika barcode biasa hanya bisa membaca dan menyimpan secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal. Oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada barcode biasa.

Kode QR berfungsi bagaikan hyperlink fisik yang dapat menyimpan alamat dan URL, nomor telepon, teks dan sms yang dapat digunakan pada majalah, surat harian, iklan, pada tanda-tanda bus, kartu nama ataupun media lainnya. Bahasa mudahnya, kode QR berfungsi sebagai penghubung cepat antara konten offline dan konten online.

Oleh BCA, fungsi kode QR inilah yang dijadikan fitur andalan pada aplikasi BCA Mobile dan Sakuku untuk memudahkan nasabah dalam mengidentifikasi nomor rekening saat mereka hendak melakukan transfer dana. Dengan begitu, kita tak perlu repot mencatat atau mengetik ulang nomor rekening tujuan saat mereka hendak mentransfer.

Cara Transfer dengan QRku BCA Mobile

Untuk melakukan transfer anti ribet dengan QR ini, tentu saja kita harus memasang aplikasi BCA Mobile atau Sakuku di smartphone. Setelah itu, pastikan fitur finansial di BCA Mobile sudah aktif. Kita bisa mengaktifkan fitur finansial di BCA Mobile ini di kantor cabang terdekat. Bila kita menggunakan aplikasi Sakuku, pastikan aplikasinya sudah diupgrade ke Sakuku Plus.

Pada aplikasi BCA Mobile atau Sakuku, kita tinggal mengklik menu QR yang ada di aplikasi. Kemudian, kita memindai kode QR dari rekening tujuan. Pada layar smartphone, akan terlihat nomor rekening dan nama pemilik rekening, serta kolom jumlah transfer dan sumber dana. Setelah diisi, kita tinggal mengonfirmasi transaksi tersebut apakah sudah benar informasinya. Setelah memasukkan PIN dari BCA Mobile atau Sakuku, transfer pun sudah sukses terkirim.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x