Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | himam.id | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sehatdangaya Pilihan

Simpel Mengelola Uang THR dengan Satu Aplikasi BCA mobile

11 Mei 2019   03:54 Diperbarui: 11 Mei 2019   04:06 283 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Simpel Mengelola Uang THR dengan Satu Aplikasi BCA mobile
Mengelola THR #DibikinSimpel dengan Buka Rekening Baru di BCA mobile (dokumentasi Himam Miladi)

Bersyukurlah kamu bila menjelang Lebaran nanti masih menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Karena berjuta-juta pekerja dan berjuta-juta masyarakat lain kebingungan, bagaimana dan darimana mereka bisa mencukupi kebutuhan keluarga untuk lebaran nanti.

Mumpung THRnya belum kamu terima, ada baiknya bila kamu tahu bagaimana cara mengelola THR dengan bijak. Jangan sampai uang THR yang kamu terima lenyap tak berbekas, tidak terasa manfaatnya sama sekali.

Yang Perlu Kamu Tahu tentang Tunjangan Hari Raya

Sesuai peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) nomor 6 tahun 2016, uang THR wajib diberikan pada pekerja/karyawan maksimal H-7, atau seminggu sebelum lebaran. Besar THR sejumlah satu kali upah gaji bulanan yang mencakup gaji pokok dan tunjangan tetap untuk yang sudah bekerja lebih dari 1 tahun, dan akan disesuaikan bagi mereka yang kurang dari setahun.

Permenaker tentang THR Keagamaan (sumber: kominfo.go.id)
Permenaker tentang THR Keagamaan (sumber: kominfo.go.id)

Nah, apabila nanti kamu sudah menerima THR, jangan terburu-buru langsung menghabiskan uang THR. Memang sih, namanya juga tunjangan hari raya, diberikan perusahaan untuk bisa dibelanjakan buat keperluan hari raya. Tapi ingat, jangan menghabiskannya sekaligus karena justru hal ini bisa menyebabkan pengeluaranmu menjadi defisit.

Tips Mengelola uang THR

Untuk mengelola uang THR secara bijak dan cermat, berikut 5 tips mengelola uang THR yang bisa kamu pertimbangkan:

  1. Pisahkan uang THR dengan gaji bulanan yang kamu terima. Jadi, ketika kamu menerima uang THR, segera alokasikan sekitar 20-30% uang THR tersebut sebagai dana cadangan dalam bentuk tabungan.
  2. Gunakan uang THR yang kamu terima untuk membayar kewajiban-kewajiban dan keperluan yang sangat mendesak terlebih dahulu. Seperti membayar hutang, membayar zakat atau membeli tiket kendaraan untuk mudik dan balik apabila lebaran nanti kamu berencana pulang kampung.
  3. Gunakan uang gaji bulanan untuk belanja kebutuhan sehari-hari ditambah sisa uang THR yang sudah dipotong untuk membayar kewajiban dan alokasi tabungan untuk kebutuhan lebaran.
  4. Belanja kebutuhan lebaran secukupnya. Jika baju lebaran tahun lalu masih bagus karena jarang dipakai, tak perlu beli baju lebaran yang baru. Saat Lebaran, tidak semuanya harus serba baru, seperti pakaian, gadget, dan lainnya. Sebab yang terpenting dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri adalah kesucian hati setelah menjalankan ibadah puasa Ramadan dan kebersamaan dalam menjalin hubungan kekeluargaan dan kekerabatan yang erat.
  5. Usahakan menempatkan alokasi uang THR itu dalam rekening yang terpisah, di luar rekening utama yang kamu gunakan untuk menerima gaji. Ini supaya kamu tidak tergoda untuk mengambilnya sewaktu-waktu sehingga tanpa kamu sadari dana cadangan dari THR itu malah habis sendiri.

Mungkin kamu berpikir, "Ah, buat rekening baru ribet, harus datang ke kantor bank terdekat. Mana sempat?"

Eh, asal kamu tahu ya, sekarang ini buat rekening baru simpel kok, sederhana banget. Kamu tidak perlu pergi ke bank terdekat, gak perlu mengisi dan menandatangani segala macam formulir di kantor cabang. Dan ajaibnya lagi, kamu juga gak perlu langsung menyediakan uang tunai untuk mengisi saldo pertamanya.

foto layar dokumentasi Himam Miladi
foto layar dokumentasi Himam Miladi

Bagaimana cara membuat rekening tabungan baru tanpa harus pergi ke bank?

Buat rekening baru itu #DibikinSimpel aja  via smartphone yang kamu punya. Kamu hanya perlu menyiapkan smartphone-mu  yang sudah terisi kuota internetnya, KTP, tanda tanganmu diatas kertas kosong, serta kartu NPWP jika punya. Jika sudah disiapkan, langsung saja kamu unduh dan pasang aplikasi BCA Mobile di smartphone kamu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN