Himam Miladi
Himam Miladi Penulis

Freelance Content Writer| Blogger | Editor

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

Mengamankan Website dengan 5 Langkah Sederhana

5 Juli 2018   22:45 Diperbarui: 7 Juli 2018   09:29 2493 3 2
Mengamankan Website dengan 5 Langkah Sederhana
Ilustrasi (nobpreneur.com)

Di era digital sekarang ini, membuat situs web (website) atau blog pribadi seakan sudah menjadi kebutuhan. Bagi perusahaan, adanya website memudahkan calon klien atau calon pembeli dalam mengakses setiap informasi tentang perusahaan tersebut. Sementara bagi individu, sebuah blog adalah sarana untuk personal branding, memperkenalkan keahlian atau kapabilitas yang mereka miliki pada orang-orang lain.

Namun, adakalanya saat membuat website atau situs web banyak yang melupakan faktor keamanan dari website tersebut. Padahal, semenjak internet bisa diakses oleh semua orang, masalah keamanan dari sebuah website (web security) menjadi sebuah perhatian penting.

Tingkat keamanan yang disediakan oleh perusahaan penyedia layanan web hosting sangat penting bagi pelanggan. Website yang kita bangun bisa saja sewaktu-waktu diretas oleh pengguna jahat yang melakukannya dengan berbagai tujuan. Entah itu untuk mencuri data pribadi, hingga sekedar mengirim spam.

Sebelum membicarakan keamanan sebuah website, lebih dulu kita bahas bagaimana membuat website yang baik. Membuat sebuah website atau blog memang mudah. Apalagi sekarang ini banyak tersedia platform website dan blog yang gratis. Seperti Blogspot, Wordpress, atau Weebly yang dilengkapi dengan panduan langkah demi langkah untuk bisa membuat blog dalam sekejap. Namun, sebagai bentuk profesionalitas dari perusahaan atau pribadi, tentu saja platform website gratis tersebut sebisa mungkin kita hindari.

Alasannya karena alamat yang digunakan adalah sub domain. Keberadaan sebuah website sama artinya dengan membangun kepercayaan pada klien. Tidak lucu bukan jika perusahaan memakai website dengan alamat misalnya: www.abc.wordpress.com. Klien atau pengguna dari luar tentu mempertanyakan bonafiditas dari perusahaan tersebut.

WordPress adalah platfrom pembangun website (Content Management System) yang paling banyak digunakan. Diperkirakan ada lebih dari 80 situs yang dibangun dengan WordPress. Ada banyak tema dan plugin yang tersedia untuk menyesuaikan situs yang kita bangun menjadi seperti apa yang kita inginkan. Tetapi membangun sebuah situs tidak berakhir sampai disitu. Salah satu hal terpenting dari sebuah situs web adalah keamanan. Ada ribuan situs yang diretas setiap hari dan masuk dalam daftar hitam oleh Google.

Kali ini saya akan sedikit membagikan tips untuk menjaga keamanan situs web dengan platform Wordpress dari tindakan jahat para peretas.

1. Gunakan Web Hosting yang bagus

Keamanan sebuah situs web dimulai dari tempat kita menyewa hosting. Ibarat kita mengontrak atau membeli rumah, tentu saja kita akan memilih rumah yang memiliki fitur keamanan maksimal. Web hosting yang bagus memiliki peran utama untuk menjaga keamanan situs kita. 

Hosting yang baik menyediakan beberapa lapisan keamanan dan memonitor situs kita 24 jam 7 hari seminggu untuk berbagai malware dan serangan peretas.

Sebagian besar pemula melakukan kesalahan pertama ketika mereka menyewa hosting murah. Mereka suka hosting murah daripada hosting yang layak. Pada dasarnya, hosting murah seringkali tidak memberikan fungsi keamanan yang baik dan kinerja yang buruk juga. Jadi sebelum membeli web hosting dari penyedia layanan mana pun, periksa kinerja hosting mereka serta layanan keamanan yang diberikan.

2. Terus Perbarui Perangkat Lunak Wordpress

Sebagian besar upaya peretasan mencoba memanfaatkan kerentanan yang diketahui dalam perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan situs kita. Jika kita tidak memperbarui versi WordPress, plugin, dan tema dari situs web yang kita bangun, maka kita akan tertinggal jauh dari fitur keamanan web yang sudah diperbarui oleh para pengembang.

Terus perbarui platform situs web kita dengan versi terbaru WordPress yang tersedia.  Dalam setiap pembaruan WordPress, ada banyak perbaikan platform, peningkatan keamanan, perbaikan bug, dll. Hal yang serupa juga harus dilakukan untuk setiap plugin dan tema yang kita pasang.

Memperbarui versi WordPress sangat mudah dan kita dapat melakukannya dari dashboard admin WordPress situs milik kita. Pertama, buka dasbor WordPress Anda> Perbarui. Dari sana, kita dapat melihat apa yang perlu diperbarui.

3. Jangan Pernah Gunakan Tema Nulled

Apa itu tema Nulled? Ini adalah tema premium yang dibagikan secara gratis. Memang sih, situs web yang menggunakan tema premium yang berbayar terlihat profesional dan memiliki lebih banyak fungsi daripada tema yang gratis. Meskipun sebagian besar tema premium itu dijual atau berbayar dan membutuhkan aktivasi untuk memasangnya, ada banyak situs web yang menyediakan tema premium gratis/nulled.

Bagi pemula, tema premium gratis tentu saja begitu menggoda dan seringkali mereka langsung memasangnya tanpa memikirkan dampaknya terhadap keamanan situs web. Di dalam tema premium yang dibagikan gratis, seringkali tersimpan kode-kode berbahaya yang disuntikkan.

Di Wordpress sendiri sudah tersedia tema gratis yang sebenarnya tidak kalah cantiknya dengan tema premium. Jadi, daripada mengambil resiko yang membahayakan, lebih baik memasang tema gratis daripada tergoda tema premium yang dibagikan gratis.

4. Gunakan Kata Sandi yang Kuat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2