Mohon tunggu...
Prayoga IhzaFauzi
Prayoga IhzaFauzi Mohon Tunggu... mahasiswa upgris

gak punya sayap tapi mirip malaikat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa KKN UPGRIS Membuat Hand Sanitizer untuk Masyarakat

24 Februari 2021   01:12 Diperbarui: 24 Februari 2021   01:38 19 0 0 Mohon Tunggu...

BANJARNEGARA - Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang melakukan pemasangan petunjuk jalan di Desa Petir, Purwanegara, Banjarnegara pada Selasa 9 Februari 2021.

Kegiatan ini menjadi salah satu program kerja di bidang covid19 yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UPGRIS yang melaksanakan tugasnya di Desa Petir. Program kerja ini merupakan ide dari mahasiswa untuk warga RT 06 RW 03.

dokpri
dokpri
Sebelum melakukan cara membuat hand sanitizer sendiri, cucilah tangan anda sampai bersih. Jangan lupa juga untuk mencuci peralatan yang dibutuhkan selama pembuatan hand sanitizer.

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk praktik cara membuat hand sanitizer sendiri adalah dengan menyiapkan bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan tersebut adalah kandungan alkohol 75% , dan gel lidah buaya. Bahwa kunci cara membuat hand sanitizer sendiri adalah dengan menggunakan perbandingan 10:2 alkohol dan lidah buaya.

dokpri
dokpri
Mempertanyakan seberapa efektifnya penggunaan hand sanitizer dalam menghilangkan kuman, bakteri dan virus. Bahwa bahan baku seperti gel, alkohol, dan lainnya di dalam hand sanitizer dapat membunuh hal-hal tersebut.Namun, memang penggunaan hand sanitizer tidak seefektif cuci tangan menggunakan sabun dan air bersih. Sebab, hand sanitizer tidak dilakukan dengan pembilasan air yang dapat membuang partikel-partikel tersebut.

dokpri
dokpri
Jadi, penggunaan hand sanitizer dianjurkan hanya ketika sulit menemukan air bersih dan sabun. Hand sanitizer yang digunakan juga harus mengandung bahan-bahan yang telah direkomendasikan WHO.Selain itu, membersihkan sela-sela jari, bawah kuku, juga sangat penting karena biasanya banyak bakteri yang bersembunyi di tempat tersebut. Ketika menggunakan hand sanitizer, gosokkan tangan dan jari minimal selama 20 detik.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x